Angkasa Pura 2

Garuda Indonesia–ANA Jalin Kerjasama Program Frequent Flyer

KokpitJumat, 20 Desember 2013
Garuda_Indonesia Boeing 747-400

JAKARTA (beritatrans.com) — Garuda Indonesia dan ANA menandatangani MoU kerjasama strategis (strategic partnership) yang meliputi “codeshare agreement” dan “frequent flyer program”.

Penandatanganan MoU dilaksanakan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Emirsyah  Satar dan President & CEO of All Nippon Airways Co., Ltd., Osamu Shinobe, di sela Indonesia-Japan Expo 2013, Kamis (19/12/2013).

Penandatanganan MoU tersebut merupakan bagian dari upaya pengembangan jaringan (network) penerbangan Garuda Indonesia, serta bagian dari upaya meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa, Garuda Indonesia dan maskapai penerbangan asal Jepang, ANA (All Nippon Airways).

Melalui kerjasama tersebut, para penumpang ANA dari Jepang yang hendak melakukan penerbangan ke Indonesia melalui Jakarta, dapat melakukan penerbangan lanjutan  dengan Garuda Indonesia ke kota-kota besar di Indonesia, antara lain ke Denpasar, Yogyakarta, Surabaya, Lombok dan Makassar.

Sementara para penumpang Garuda Indonesia yang hendak melakukan penerbangan ke Jepang melalui Tokyo (Bandara Narita dan Bandara Haneda) dan Osaka (Bandara Kansai), dapat melakukan penerbangan lanjutan dengan penerbangan ANA ke beberapa kota besar di Jepang, antara lain ke Sendai, Nagoya, Chitose, Fukuoka dan Okinawa.

Kerjasama antara Garuda Indonesia dengan ANA yang meliputi kerjasama “codeshare agreement” pengangkutan penumpang tersebut berlaku efektif mulai 3 Maret 2014 mendatang.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar mengatakan, kerjasama code share dengan ANA akan semakin memperkuat jaringan penerbangan internasional kedua maskapai, terutama di kawasan Asia, sekaligus memberikan nilai tambah bagi seluruh penumpang Garuda Indonesia dan ANA, khususnya dalam mempermudah penumpang untuk melakukan perjalanan dari Indonesia ke Jepang maupun sebaliknya.

“Melalui kerjasama ini, Garuda Indonesia dapat memperluas layanannya ke beberapa kota di Jepang. Selain Tokyo dan Osaka, kini para penumpang Garuda Indonesia dapat melaksanakan perjalanan bisnis maupun wisatanya ke kota-kota besar lainnya di Jepang menggunakan ANA, yaitu ke kota Sendai, Nagoya, Chitose, Fukuoka dan Okinawa,” ujar Emir.

Sementara itu, President & CEO ANA, Osamu Shinobe juga menyambut gembira kerjasama strategis yang terjalin antara ANA dengan Garuda Indonesia ini. “Kami berharap agar kerjasama ini dapat memberikan nilai tambah bagi para pengguna jasa ANA maupun Garuda Indonesia serta memberikan kemudahan bagi mereka untuk melaksanakan penerbangan pada jaringan penerbangan kedua maskapai dari dan menuju Jepang dan Indonesia” tambah Osamu Shinobe.

Kedua maskapai akan membicarakan lebih lanjut mengenai kerjasama “frequent flyer program”, dimana dalam waktu dekat detail program kerjasama tersebut akan dipublikasikan pada website masing-masing kedua maskapai.

Saat ini, Garuda Indonesia telah melayani 32 penerbangan tujuan ke Jepang pada setiap minggunya, diantaranya melayani penerbangan untuk rute Jakarta – Osaka (Kansai), Denpasar – Osaka (Kansai), Jakarta – Tokyo (Narita), Denpasar – Tokyo (Narita), dan Denpasar – Tokyo (Haneda).

Selain itu, mulai semester 1 tahun 2014, Garuda Indonesia juga akan membuka penerbangan langsung Jakarta – Haneda (vv) untuk menambah frekuensi yang telah ada selama ini, yaitu dari 32 penerbangan menjadi 39 penerbangan pada setiap Minggunya.

Selain itu, sebagai bentuk peningkatkan layanan terhadap segmen pasar Jepang, Garuda Indonesia saat ini juga memiliki awak kabin yang berasal dari Jepang yang siap untuk membantu para penumpang dalam hal kemudahan komunikasi pada saat memerlukan bantuan atau pun pelayanan selama dalam penerbangan.

Selain dengan ANA, saat ini Garuda Indonesia juga telah melaksanakan kerjasama “codeshare” dengan 14 maskapai lainnya, antara lain Etihad Airways, Singapore Airlines, KLM, China Airlines, Turkish Airlines, Korean Air, Jet Airways, Philippine Airlines, Silk Air, Royal Brunei, China Airlines, China Southern Airlines, China Eastern Airlines dan Xiamen Airlines. (awe/machda)