Angkasa Pura 2

Pelindo III Utamakan Rekrutmen Putra Daerah

DermagaSenin, 30 Desember 2013
pelindo III

SURABAYA (beritatrans.com) – Operator terminal pembuhan wilayah III — PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo) mengutamakan putra daerah dalam melakukan penerimaan (rekrutmen) pegawainya.

“Khususnya di luar Pulau Jawa seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur,” kata Direktur Personalia dan Umum PT Pelindo III, Edy Hidayat N, Senin (30/12/2013).

Edy mengemukakan, langkah itu dilakukan manajemen dengan membuat program rekrutmen “Putra Daerah” yang berasal dari SDM potensial, seperti lulusan SLTA terpilih (ranking terbaik) dan dinyatakan lulus seleksi setelah menjalani serangkaian tes penerimaan di PT Pelindo III.

Menurut dia, pada tahun 2010, kami telah merekrut 60 orang lulusan SLTA yang berasal putra daerah angkatan I dan disekolahkan di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang.

Saat ini, jelas dia, mereka mengikuti kuliah setingkat D3 di STIAMAK Barunawati. Pada tahun 2013, pihaknya juga telah merekrut kembali 60 orang “putra daerah” angkatan II.

“Kini mereka juga sedang mengikuti perkuliahan di Politeknik Pelayaran Surabaya,” katanya.

Program tersebut, tambah dia, dilakukan pasca-transformasi PT Pelindo III dari pengelola pelabuhan menjadi operator terminal sesuai undang-undang Pelayaran.

Tujuannya, untuk pembenahan dan perubahan bahkan secara ekstrem maupun revolusi menjadi lebih baik dan memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa.

Direktur Personalia dan Umum PT Pelindo III, Edy Hidayat menambahkan, perubahan ini kami jadikan sebagai momentum untuk memperbaiki kualitas pelayanan dan meningkatkan produktivitas. Salah satunya, melalui upaya perbaikan dan penataan, termasuk dalam hal penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM).

Bahkan, sejak tahun 2012, pihaknya juga telah memberangkatkan 10 pegawai untuk mengikuti sekolah setara S2 ke luar negeri, misalnya ke Belgia dan Belanda. Pada tahun 2013 yang lulus ada sembilan orang.

“Tahun ini kami kembali mengirimkan sebanyak 20 pegawai untuk mengikuti pendidikan S2 ke Belanda, Belgia, Swedia, dan Inggris,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, tahun 2014 akan diberangkatkan kembali sekitar 30 orang pegawai untuk belajar S2 ke luar negeri.

Sementara itu, guna meningkatkan kemampuan manajerial, pegawai struktural setingkat Senior Manajer dan General Manajer diikutsertakan dalam kursus singkat ke Belanda, Belgia, dan Perancis.

“Pada angkatan I sebanyak 19 orang telah berangkat pada bulan April – Mei 2013 dan angkatan II sebanyak 18 orang berangkat pada bulan Oktober – November 2013. Angkatan berikutnya akan diberangkatkan pada bulan Januari-Februari 2014,” katanya.(machda)