Angkasa Pura 2

Arus Balik Pasca Malam Tahun Baru

Jalur Puncak Menuju Jakarta Padat Merayap

KoridorRabu, 1 Januari 2014
puncak macet

BOGOR (beritatrans.com) – Seperti hari libur lainnya, saat libur tahun baru 2014 ini pun, kemacetan di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat pun terjadi. Arus lalu lintas kendaraan di jalur Puncak, mengalami kepadatan pascaperayaan malam tahun baru 2014 dengan diwarnai ribuan kendaraan bergerak turun dari Puncak ke Jakarta, Rabu (1/1/2014).

Ribuan kendaraan bergerak turun dari Puncak menuju Jakarta. Penyumbatan arus terjadi di sejumlah titik seperti di Taman Safari Indonesia (TSI), hingga Pasar Cisarua mendekati daerah Gadog sebelum masuk jalur tol Jakarta tampak merayap.

Anggota TMC Polres Bogor, Brigadir Gery Ramdani, menyatakan puncak arus balik libur natal dan tahun baru. Jumlah kendaraan yang bergerak turun cukup ramai. kepadatan arus lalu lintas di jalur Puncak telah terjadi sejak Rabu pagi. Pada pukul 08.00 WIB, kendaraan yang didominasi mobil pribadi, bus pariwisata dan roda dua bergerak turun dari Puncak.

“Untuk mengurai kemacetan, Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah untuk kendaraan turun dari Puncak menuju Jakarta,” paparnya.

Sistem satu jalur diberlakukan selama kurang lebih tiga jam lamanya yakni dari 08.00 hingga 10.30 WIB. Pemberlakuan satu jalur sedikit mengurai kepadatan dengan mendorong kendaraan yang hendak turun dari Puncak.

Hingga pukul 12.00 WIB arus kembali dibuka dua arah. Namun, kepadatan masih terus tejadi karena pergerakan dari dua arah cukup ramai. Petugas kembali memberlakukan sistem satu jalur mulai pukul 16.30 WIB. Hingga berita ini diturunkan, sistem satu arah masih diberlakukan.

Dari pantauan tim beritatrans.com menunjukan, jumlah kendaraan yang bergerak turun dari Puncak cukup banyak. Tapi kita akan upayakan menormalkan kembali jalur dua arah mengingat antrian kendaraan dari Cianjur sudah cukup panjang.

Berbeda pada malam pergantian tahun baru, arus lalu lintas di jalur Puncak relatif kondusif. Pengalihan arus hanya diberlakukan hingga pukul 03.00 WIB. Jalur Puncak kembali normal dua arah pada pukul 03.00 WIB.

Namun, hingga pagi menjelang arus mengalami kepadatan karena pergerakan kendaraan dari araha Jakarta muapun sebaliknya cukup padat pasca malam pergantian tahun.

TMC Polres Bogor mencatat jumlah kendaraan yang bergerak menuju Puncak sejak libur Natal pada Minggu (29/12/2013) sebanyak 62.681 kendaraan masuk tol Jagorawi dan 55.633 kendaraan keluar dari tol menuju Puncak. (machda)