Angkasa Pura 2

Menhub Mangindaan Janji Jalur Ganda Kereta Jakarta-Surabaya Beroperasi Februari 2014

EmplasemenKamis, 2 Januari 2014
jalur ganda

JAKARTA (beritatrans.com) – Menteri Perhubungan, EE Mangindaan menjamin Februari 2014 mendatang, jalur ganda kereta Jakarta-Surabaya bisa mulai beroperasi. Pengoperasian ini diakui terlambat dari target awal yang seharusnya bisa diberlakukan tahun lalu.

“Tahun lalu harusnya sudah selesai. Ternyata ada masalah tanah yang belum selesai. Sedikit masalah tanah itu menjadi problem pembangunan rel, di daerah Antarjati mau ke Jateng. Sekarang melibatkan pengadilan sudah kita titipkan ke pengadilan. Insya Allah sudah selesai tahun ini,” ucap Mangindaan ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (2/1/2014).

Mangindaan yakin proses pembebasan lahan tidak akan memakan waktu lama, sehingga Februari 2014 kereta jalur ganda dari Jakarta-Surabaya sudah bisa beroperasi. Sementara untuk jalur Selatan yaitu dari Solo-Madiun-Surabaya juga dijanjikan segera beroperasi.

Menurut dia, beroperasinya kereta rel ganda ini diklaim akan mengurangi beban dan kerusakan jalan raya. Salah satunya karena pengiriman barang akan banyak dilakukan dengan kereta api. Mangindaan mengatakan, kerusakan jalan terjadi karena banyaknya truk muatan berat di jalan raya.

“Seperti diketahui setiap tahun memperbaiki jalan karena kapasitas yang sudah tidak mencukupi dan mengurangi kemacetan, karena kalau lewat kereta juga lebih on time,” jelasnya.

Menyinggung soal harga tiket, Menhub Mangindaan mengaku belum menyebutkan besarannya lantaran mempertimbangkan aspek sosial. “Harga tiket sedang kita hitung, saya belum berani menaikkan tiket terlalu besar,” tutupnya.(gis/machda)