Angkasa Pura 2

Maskapai Lion Air Segera Resmikan Hanggar di Batam

KokpitMinggu, 5 Januari 2014
lion air-banyak parkir di bandara soetta

BATAM (beritatrans.com) — Maskapai Lion Air berencana pada Januari 2014 meresmikan hanggar di kawasan Bandara Internasional Hang Nadim Batam yang selesai dibangun dengan nilai investasi Rp500 miliar untuk dijadikan pusat perawatan dan perbaikan pesawat terbang.

“Rencananya, peresmian pada Januari ini, tetapi tanggalnya belum dipastikan. Rencanannya Presiden Direktur Lion Air Rusdi Kirana dan Menteri Perhubungan EE Mangindaan akan hadir untuk meresmikan fasilitas tersebut,” kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Sabtu (4/1/2014).

Grup Lion Air membangun fasilitas “maintenance, repair and overhaul” (MRO/hanggar) di lahan seluas 16 hektare dalam kawasan Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebagai basis untuk wilayah barat Indonesia.

Pada tahap pertama dibangun hanggar seluas 4 hektare yang diperkirakan akan mampu menampung beberapa pesawat Boeing 737. Setelah tahap pertama selesai, akan dilanjutkan pembangunan tahap berikutnya dengan total investasi mencapai Rp3,5 triliun.

“Pembangunan tahap I masih berlangsung dan diperkirakan diselesaikan sebelum jadwal peresmian,” kata dia.

Hanggar tersebut dibangun di utara bandara. Landasan pacu Bandara Hang Nasim 4,025 kilometer dan menjadi yang terpanjang se-ASEAN. Lahan seluas 150 hektar disiapkan BP Batam khusus untuk pembangunan hanggar.

Selain Lion Air, Grup Garuda Indonesia dan PT Ilthabi milik anak sulung BJ Habibie juga akan membangun pusat perawatan di kawasan Bandara Internasionl Hang Nadim. Saat ini yang terealisasi baru milik Lion, yang juga sebagai wujud komitmen mereka menjadikan Bandara Internasional Hang Nadim penghubung (hub) Lion Air dari wilayah barat Indonesia ke wilayah tengah dan timur.

“Garuda Indonesia dan PT Ilthabi belum merealisasikan pembangunan,” kata Djoko.

Sebelumnya, Direktur PT Lion Teknik Adang mengatakan pemilihan Batam sebagai lokasi hanggar Lion untuk wilayah Barat dengan menimbang fasilita Bandara Hang Nadim Batam seperti runway (landasan pacu) yang dimiliki sudah bisa untuk didarati pesawat berukuran besar.

Keseluruhan hangar yang akan dibangun tersebut, kata dia, akan mampu memuat sedikitnya 16 pesawat jenis Boeing 737 dan 747 milik Lion Air dan pesawat lain milik Grup Lion.

“Lion Air juga akan bekerja sama dengan pihak pabrikan seperti Boeing dan Airbus untuk menyuplai mesin, dan komponen-komponen pesawat yang akan ditempatkan di Hang Nadim Batam,” kata dia.(machda)