Angkasa Pura 2

Menyusul Ditutup Terminal AKAP Lebak Bulus

Pemrov DKI Jakarta Tambah 30 Bus TransJakarta Lebak Bulus-Harmoni

KoridorSelasa, 7 Januari 2014
transjakarta

JAKARTA (beritatrans.com) – Menyusul ditutupnya Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Lebak Bulus, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akhirnya menambah unit bus transjakarta koridor VIII Lebak Bulus-Harmoni sebagai kompensasi dihilangkannya pelayanan

“Sebanyak 30 unit bus Transjakarta akan didatangkan untuk mengoptimalkan perjalanan. Kami akan tambah 30 unit bus transjakarta pada akhir Januari,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, di Balaikota Jakarta, Selasa (6/1/2014).

Menurut dia, Dishub DKI tidak lagi membangun terminal untuk perjalanan AKAP di Jakarta Selatan. Terminal Kalideres, Pulogadung, dan Kampung Melayu dianggap telah sesuai sebagai lokasi pengganti pengoperasian AKAP dari Lebak Bulus.

“Selain itu, akses warga Lebak Bulus menuju ke ketiga terminal itu juga dinilai cukup mudah. Dari Jakarta Selatan, warga bisa menggunakan bus transjakarta ke arah Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Dishub DKI akan mengoptimalkan fasilitas dan pelayanan transjakarta,” jelas dia.

Udar mengemukakan, baru ada sekitar 50 bus single melayani koridor tersebut. Sementara 30 unit bus tambahan merupakan bus gandeng (articulated bus) yang daya angkutnya lebih banyak.

Bus-bus tersebut sudah tiba di Jakarta. Namun masih dalam penyelesaian administrasi. “Jadi, baru bisa beroperasi akhir Januari besok. Semoga bisa melayani masyarakat lebih baik lagi,” ujar Pristono.

Terminal Lebak Bulus akan dibongkar untuk pembangunan depo mass rapid transit (MRT). Terminal itu tidak lagi melayani perjalanan AKAP, hanya tersisa perjalanan dalam kota dan bus transjakarta saja.

Dishub DKI membagi beberapa pengalihan lokasi bus AKAP. Untuk trayek Pulau Sumatera dan Banten dipindahkan ke Terminal Kalideres. Selain itu, trayek pulau Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta) dialihkan ke Terminal Kampung Rambutan. Sedangkan untuk trayek pulau Bali dan Nusa Tenggara berpindah ke Terminal Pulogadung. (machda)

 

loading...