Angkasa Pura 2

Citilink Layani 16 Kali Penerbangan di Halim

BandaraKamis, 9 Januari 2014
citilink-halim

Jakarta (beritatrans.com) -  Kementerian Perhubungan memastikan layanan komersial di Bandara Halim Perdanakusuma segera terealisasikan, hal itu dilakukan untuk mengalihkan kepadatan yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta.

Maskapai yang pertama akan terbang adalah Citilink, anak usaha Garuda Indonesia. Bulan berikutnya, direncanakan dua maskapai menyusul yaitu Garuda Indonesia dan Air Asia, yang akan memindahkan sebagian rute ke bandara Halim.

Menteri Perhubungan E.E Mangindaan mengatakan, Citilink siap terbang pulang-pergi sebanyak 16 kali penerbangan dari Halim.

“Dari pemeriksaan kedua dalam kesiapan komersialisasi bandara, besok harus hadir semua petugas yang akan melayani penerbangan komersial disini. Sehingga sesuai jadwal tanggal 10 Januari, Halim sudah dioperasikan komersial,” ujarnya saat berkeliling bandara, Rabu (8/1).

Rute awal yang dilayani Citilink adalah Yogyakarta, Semarang, dan Malang. Jenis pesawat yang akan digunakan adalah Airbus A320.

“Setelah sebagian penerbangan Citilink pindah ke Halim, Garuda Indonesia juga akan menyusul di akhir Februari. Maskapai Garuda, akan melayani rute Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan Pontianak,” katanya.

Mangindaan menambahkan, pada Maret 2013, Indonesia AirAsia menyusul kedua maskapai sebelumnya untuk memindahkan rute Medan, Yogyakarta, dan Surabaya.

“Setelah Maret juga besar kemungkinan Lion Air akan pindah kesini,” ucapnya.

Dari pemindahan sebagian penerbangan ini, 72 penerbangan beralih dari Soekarno-Hatta. Jika maskapai lain juga bersedia pindah, maka 126 penerbangan komersial akan dilayani dari Halim.

“126 penerbangan bisa mengurangi 10-11 persen kepadatan di Soekarno-Hatta. PT Angkasa Pura II bisa mempercepat penyelesaian terminal III di Soekarno-Hatta,” pungkasnya.(gis)