Angkasa Pura 2

Tahun 2014, Ada 14 Bandara Segera Beroperasi

BandaraKamis, 9 Januari 2014
bandara soetta

JAKARTA (beritatrans.com) – Sedikitnya ada 14 bandara kecil yang akan beroperasi pada tahun 2014 ini. Hal ini untuk menunjang transportasi udara di tanah air. Demikian dikemukakan Menteri Perhubungan, EE Mangindaan usai menghadap Wakil Presiden, di Jakarta, Kamis (9/1/2014).

“Bandara ini berada dipulau-pulai kecil dan terluar dan bakal menjadi bandara perintis,” ujar Mangindaan.

Menurut Menhub, bandara tersebut tersebar dibeberapa wilayah seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku dan Papua. Bandara tersebut, antara lain, Bandara Muara Bungo di Bungo (Jambi), Pekon Serai di Lampung Barat, Pagar Alam di Lahat (Sumatera Selatan), Bawean di Pulau Bawean (Jawa Timur), Sumarorong di Mamasa (Sulawesi Barat), Bone-bone di Bone (Sulawesi Selatan, Matahore di Wakatobi (Sulawesi Tenggara)

Selain itu, Bandara Ibra di Tual Baru (Maluku), Saumlaki di Maluku Tenggara Timur, Kuffar di Seram Timur (Maluku), Waghete Baru di Paniai (Papua), Marinda di Waisai (Papua), Raja Ampat dan Kamanap di Yapen (Papua), dan Bandara Dekai di Yahukimo (Papua).

Ditambahkan Menhub Mangindaan, selain 14 bandara kecil tersebut, tahun ini ada pula proyek pengembangan bandara komersial besar yang berada dalam pengelolaan Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II.

“Ada enam bandara milik AP I dan sembilan bandara milik AP II yang akan dikembangkan tahun ini,” paparnya. (machda)