Angkasa Pura 2

Bandara Halim Perdanakusuma Alternatif Penerbangan di Jakarta

BandaraJumat, 10 Januari 2014
halim

JAKARTA (beritatrans.com) – PT Angkasa Pura II sengaja mengalihkan sebagian maskapai penerbangan ke Bandara Halim Perdanakusuma agar kepadatan runway di Bandara Soekarno Hatta dapat lebih longgar. Saat ini sudah tiga maskapai yang akan melaju dari Halim.

“Langkah ini diambil untuk mengurangi kepadatan di Bandara Soetta. Pasalnya, saat ini frekuesi penerbangan sudah semakin tinggi, dan runway bandara masih belum memadai,” tegas Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono di Jakarta saat peresmian Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta, Jumat (10/1/2014).

Menurut dia, idealnya untuk satu slot itu ada 64 pergerakan (pesawat). Tapi di Soetta itu sudah sampai 70 pergerakan. Bandara Halim Perdanakusuma akan menjadi alternatif penerbangan di Jakarta. Pasalnya, jumlah penduduk terbanyak terkonsetrasi di Wilayah Timur dan Selatan.

“Jadi sekarang di Barat ada Bandara Soetta, dan di Timur ada Halim,” jelasnya.

Bambang menyebutkan, hal ini memang wajib dilakukan, mengingat beberapa kota besar di luar negeri juga telah memiliki dua bandara untuk mengurangi kepadatan penerbangan.

“Seperti halnya di Jepang dan di New York. Kota-kota besar itu lebih dari satu. Jadi kita juga harus lebih, karena Jabodetabek sekarang kan penduduknya sudah capai 28 juta,” tukas dia.

Mulai hari ini empat penerbangan Citilink akan pindah dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Halim Perdanakusuma. Adapun empat penerbangan tersebut, yakni penerbangan menuju Yogyakarta, Semarang, Malang, dan Palembang. (machda)

loading...