Angkasa Pura 2

Gambang Kromong & Ondel-Ondel Sambut Peresmian Bandara ‘Betawi Punya Airport’

BandaraJumat, 10 Januari 2014
halim-pk

JAKARTA – Bandara Halim Perdanakusuma yang dikelola PT Angkasa Pura II resmi beroperasi melayani penerbangan reguler seiring dengan mendaratnya pesawat Airbus A320 Citilink bernomor penerbangan QG 103 dari Yogyakarta, pagi ini sekitar pukul 08.00 WIB.

Sebagai bagian dari seremonial penyambutan yang diadakan PT Angkasa Pura II, sebanyak 177 penumpang yang ikut dalam penerbangan tersebut disuguhkan kesenian khas Betawi yakni Gambang Kromong, tarian Lenggang Nyai, dan Ondel-Ondel saat mereka berjalan turun dari pesawat menuju terminal kedatangan.

Di samping itu, dilakukan juga pengalungan bunga ke para penumpang diantaranya oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Kepala Otoritas Bandara Wilayah I Jakarta Adi Kanrio, dan Direktur Operasional Kebandarudaraan PT Angkasa Pura II Endang Sumiarsa.

“Bandara Halim Perdanakusuma berkonsep Betawi Punya Airport, dan sebab itu berbagai ornamen yang ada di bandara ini bercorak Betawi, termasuk ketika ada acara khusus seperti saat ini dimana kami menampilkan kesenian khas Betawi. Kami memohon doa agar operasional di bandara ini selalu berjalan lancar,” jelas Direktur Operasional Kebandarudaraan PT Angkasa Pura II Endang Sumiarsa.

Seperti diketahui, Bandara Halim Perdanakusuma yang terletak di Jakarta Timur itu akan menampung pengalihan beberapa penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Endang menuturkan pengalihan sejumlah penerbangan ini guna meningkatkan safety dan level of service kepada para pengguna jasa penerbangan. Ditambahkannya, penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma tidak ada yang masuk ke dalam connecting flight dengan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.

wamen-dir operasional bandara

Damri Operasi 24 Jam

Sejalan dengan dimulainya Bandara Halim Perdanakusuma melayani penerbangan reguler, mulai hari ini angkutan publik bus Damri juga sudah beroperasi dengan rute ke Bogor, Bekasi, Depok, Rawamangun, Pulogebang, Stasiun Gambir, dan Bandara Soekarno-Hatta.

Adapun Damri menetapkan tarif ke Bogor sebesar Rp30.000, ke Bekasi sebesar Rp25.000, ke Depok sebesar Rp30.000, ke Rawamangun sebesar Rp20.000, ke Pulogebang sebesar Rp25.000, ke Stasiun Gambir sebesar Rp25.000, dan ke Bandara Soekarno-Hatta sebesar Rp30.000.

Damri mulai beroperasi pukul 5.00 WIB pagi di Bandara Halim Perdanakusuma hingga jadwal penerbangan reguler terakhir tiba di bandara.

“Jadwal bus Damri untuk sementara mengikuti jadwal penerbangan reguler yang ada, tapi mereka juga siap untuk operasi 24 jam,” jelas Endang.

Di samping Damri, tersedia juga taksi resmi bandara yakni Cipaganti, Express, Sri Medali, dan Blue Bird Group.

Kehadiran Damri dan 5 operator taksi ini guna memudahkan masyarakat untuk menuju Bandara Halim Perdanakusuma, dan sebaliknya.

Pada hari ini juga dilakukan seremonial keberangkatan perdana Citilink menuju Malang, Jawa Timur.  Citilink memang satu-satunya maskapai yang siap terbang pada 10 Januari 2014 dari bandara berkode HLP ini, maskapai lainnya yakni Garuda Indonesia akan mulai beroperasi pada Februari, disusul kemudian Indonesia AirAsia pada Maret.(awe/machda)

 

loading...