Angkasa Pura 2

Wakil Presiden Tinjau Pelabuhan Tanjung Priok

DermagaSenin, 13 Januari 2014
tanjung priok

JAKARTA (beritatrans.com) — Pemerintah tengah serius mengembangkan beberapa proyek infrastruktur, baik untuk meningkatkan kinerja dan infrastruktur baru guna menunjang perekonomian Tanah Air.

Untuk itu, hari ini Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Boediono dijadwalkan mengunjungi kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara yang notabene akses masuk keluarnya barang yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)

Dalam kunjungannya kali ini Wapres didampingi oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dan Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino dan perwakilan dari Direktorat Jendral Bea Cukai Kementerian Keuangan

“Wapres meninjau empat lokasi yaitu Kantor Pusat Pelindo II (IPC), proyek Pelabuhan Kalibaru (Priok Development Project), Car Terminal dan Tol akses JORR,” ungkap staf humas PT Pelindo II, Marciano, Senin (13/1/2014).

Rombongan Wapres Boediono tiba di kantor pusat Pelindo II pukul 07.30 WIB, setelah itu akan langsung dilanjut ke lokasi proyek Pelabuhan Kalibaru yang merupakan pengembangan dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Proyek besar pembangunan New Tanjung Priok berdiri di Kawasan Kalibaru Jakarta Utara. Proyek pembangunan besar ini diperkirakan menghabiskan dana investasi US$ 2,47 miliar atau Rp22,66 triliun.

Konsep pembangunan Pelabuhan Kalibaru dicetus bulan Juni 2010 dan konsep pembangunan pelabuhan disampaikan kepada Presiden SBY. Kurang dari 2,5 tahun hingga saat ini pembangunan sudah dilakukan.

Hingga kini pembangunan Terminal Kalibaru sudah mencapai 20%. Lino mentarget akhir 2014, Terminal I Kalibaru mulai beroperasi. Pembangunan terminal saat ini dalam tahap konstruksi tiang pancang sebanyak 3.346 titik. Diharapkan Container Terminal I selesai dan dioperasikan pada akhir 2014. (machda)