Angkasa Pura 2

32 Truk Masih di Dalam Kapal BJL-I yang Terguling

DermagaSelasa, 14 Januari 2014
kaapal

JAKARTA (beritatrans.com) – Sebanyak 32 kendaraan, sebagian besar truk, masih berada di dalam kapal BJL-I yang terguling di Dermaga Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (14/1/2013) dinihari.

“Truk tersebut antara lain mengangkut komoditas sandang dan pangan. Masih berada di dalam kapal. Untuk saat ini truk-truk itu belum bisa dievakuasi. Upaya evakuasi tidak memungkinkan mengingat posisi kapal yang nyaris terbalik,” jelas Dirjen Perhubungan Laut Capt. Bobby R Mamahit kepada┬áberitatrans.com.

Dia mengutarakan pihaknya masih terus mengupayakan agar kapal ro-ro BJL-I tersebut dapat ditegakkan lagi dengan menggunakan tug boat. Saat ini, masih dibahas proses penegakan kapal tersebut dengan melibatkan operator kapal yakni PT Bangka Belitung Jaya Line.

Mengenai ganti rugi terhadap pemilik kendaraan dan komoditas di truk, Dirjen Perhubungan Laut menegaskan merupakan tanggung jawab operator kapal. “Saya meminta persoalan ganti rugi dapat diselesaikan dengan baik,” ujarnya.

BUATAN JEPANG
Kapal yang dibangun galangan Iwagi Zosen, Jepang, pada tahun 1979 ini semula bernama Sentosa 8. Armada bermesin Daihatsu dan mampu melaju dengan kecepatan 16 knot ini tercatat pernah kandas di Pulau Panjang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang berjarak sekitar 2,5 mil dari buih hijau menuju Pelabuhan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Selasa (9/2/2010), pukul 04.30. (aw).