Angkasa Pura 2

Ditjen Hubla Segera Uji Petik Ratusan Kapal Ro-ro

DermagaSelasa, 14 Januari 2014
Dephub Be eR eM

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut menyatakan segera mengevaluasi sekaligus menggelar uji petik terhadap ratusan kapal ro-ro yang melayani jasa angkutan penyeberangan. Uji ini dimaksudkan untuk mengetahui sekaligus memastikan aspek keselamatan diterapkan.

Menurut Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Capt. Bobby R Mamahit, uji tersebut segera digelar berkaitan dengan nyaris terbaliknya kapal ro-ro BJL-1 di Dermaga Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (14/1/2014) dini hari. Kapal tersebut mengangkut puluhan kendaraan dan penumpang.

Kapal bobok di 107 mnrt info kejadian skitar jam 4 pagi tadi.

“Kami ingin memastikan bahwa aspek keselamatan dijunjung tinggi dan ditegakkan dalam pelayaran, baik pelayaran kapal samudera maupun pelayaran penyeberangan. Faktor keselamatan tidak boleh diabaikan sedikit pun karena menyangkut nyawa manusia,” tegas Bobby kepada beritatrans.com.

Dia menegaskan insiden kapal BJL-1 masih bisa cepat ditanggulangi karena terjadi di dermaga. “Bagaimana pula bila terjadi di tengah laut? Karena itu, insiden ini menjadi pelajaran berharga buat kita, termasuk di dalamnya petugas syahbandar dan operator kapal,” ujarnya.

Ditanya apakah insiden kapal BJL-1 mengganggu arus lalu lintas kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, dirjen menuturkan karena peristiwanya terjadi di dermaga, maka hanya kapal ro-ro lainnya yang hendak sandar menjadi terganggu. Untuk kapal-kapal kontener dan sebagainya tidak terganggu sama sekali. (aw)