Angkasa Pura 2

Terkait Program Konversi Energi

Dua ATPM Dukung Penggunaan Alat Konverter

OtomotifRabu, 15 Januari 2014
konverter kit

JAKARTA (beritatrans.com) — Dua Agen Pemegang Tunggal Merek (ATPM) menyambut baik converter kit (alat konverter) yang dicanangkan oleh pemerintah terkait program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG).

PT Toyota Astra Motor (TAM)  akan mendukung program converter kit ini, walau masih menunggu kejelasan aturan dan pelaksanaannya. ”Kami tunggu dulu aturannya seperti apa, tunggu jelas dulu. Kalau memang oke pasti kami dukung,” ujar Direktur Marketing TAM, Rahmat Samulo, Selasa (14/1).

Hal yang sama juga diungkap PT KIA Mobil Indonesia (KMI). Menurut Direktur Marketing KMI Hartanto Sukmono, KIA mendukung pengadaan converter kit di kendaraan mereka. ”Secara teknis KIA tidak ada masalah. Conventer kit secara teknis bisa diterima dan program ini sudah berjalan di berbagai negara,” ujar Hartanto.

Menurut Hartanto, KIA pada 2013 lalu telah melakukan uji coba conventer kit bekerja sama dengan vendor converter kit pada prototipe KIA Rio untuk taksi. “Yang penting dipersiapkan infrastukturnya. Kalau stasiun pengisian BBG kurang malah menyulitkan pengguna,” tambah Hartanto.

Converter kit sendiri merupakan alat yang dapat mengganti penggunaan bahan bakar mobil dari BBM ke BBG dan sebaliknya. Menteri Keuangan Chatib Basri sebelumnya mengungkapkan anggaran untuk pengadaan converter kit sudah bisa dicairkan tahun ini dan lelang pengadaan diharapkan bisa dilaksanakan pada awal tahun 2014.(yfent)

loading...