Angkasa Pura 2

Kapal Caraka Jaya Niaga III Bocor, Bahan Kimia Cemari Laut Sibolga

DermagaMinggu, 19 Januari 2014
Kapal-Pengangkut-Kimia-Tambang-Bocor-di-Sibolga

MEDAN — Kapal Caraka Jaya Niaga III mengalami bocor yang menumpahkan bahan kimia di Pelabuhan Sambas, Sibolga, Sumatera Utara. Kapal milik  Meratus Lines tersebut mengangkut bahan kimia milik PT Agincourt Resources, yang bergerak di bidang pertambangan emas di Tapanuli Selatan.

“Kebocoran yang terjadi berupa asam klorida (HCl) cair yang berasal dari tabung besar berbentuk silinder di dalam kapal. Tumpahan bahan kimia tersebut tergolong berbahaya,” tegas Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumatera Utara, Kusnadi, Sabtu (18/2014).

Karena itu, Walhi mendesak Badan Lingkungan Hidup Sibolga melokalisir wilayah tercemar dan mengevakuasi warga setempat. Dia juga meminta pemerintah tidak menunggu gerak polisi. Sebab polisi hanya melakukan tindakan penegakan hukum, bukan penyelamatan manusia di wilayah tercemar.

Menurut Kusnadi, pihaknya meminta Departemen Perhubungan memeriksa kelayakan kapal pengangkut bahan kimia berbahaya termasuk perangkat keamanannya.Agar tidak terulang lagi.

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Sibolga Ajun Komisaris, Agus Pristiono membenarkan peristiwa itu. Namun, Kepolisian Sektor Sambas akan menangani perkara ini.

Dia menambahkan, kebocoran terjadi saat Caraka Jaya hendak merapat di pelabuhan.  Petugas langsung menghalau kapal tersebut kembali ke tengah laut dan mengosongkan dermaga dari semua aktivitas.(santi/machda)

 

loading...