Angkasa Pura 2

11 Bandara Kelolaan Angkasa Pura II Alami Kerugian

BandaraRabu, 22 Januari 2014
Bandara Raja Haji Fisabililah 2

JAKARTA (beritatrans.com) — PT Angkasa Pura II, BUMN pengelola bandara di kawasan Barat Indonesia mengelola 13 bandara.┬áNamun diakui Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S. Sunoko, dari 13 yang dikelola, ternyata hanya 2 bandara yang untung.

Diakui, pihaknya hanya untung dari pengelolaan bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dan bandara Kualanamu di Medan saja. “Yang untung ya hanya Soekarno-Hatta dan Medan. Yang minus seperti Palembang, Pangkal Pinang, Padang, Jambi, Tanjung Pinang, itu rugi semua,” kata Tri, kemarin.

Diungkapnya, selain Bandara Soekarno Hatta dan Kualanamu, bandara yang dikelola Angkasa Pura II adalah, Halim Perdanakusuma (Jakarta), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Ketaping), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabillah (Tanjung Pinang), Depati Amir (Pangkal Pinang), dan Silangit (Sumatera Utara).

Tahun ini, Angkasa Pura II berencana untuk melakukan investasi dengan meminjam uang ke bank Rp 6 triliun, untuk kebutuhan investasi Rp 8,7 triliun. Tahun lalu investasi BUMN ini Rp 4 triliun. Ini untuk pembangunan dan perluasan berbagai bandara.(ridwan/yfent)

loading...