Angkasa Pura 2

Kualitas Buruk Penyebab Jalan Cepat Rusak

KoridorKamis, 23 Januari 2014
jalan-rusak

SEMARANG (beritatrans ) – Permasalahan jalan rusak yang terjadi setiap musim hujan akan terus berulang jika akar permasalahannya tidak dapat diatasi, kata pakar transportasi dari Unika Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno.

“Sejumlah akar permasalahan jalan rusak, di antaranya buruknya kualitas jalan, tidak ada atau kurangnya kapasitas drainase sehingga air merendam jalan, muatan lebih, material buruk, dan tidak sesuai spesifikasi teknis,” tegas Djoko di Semarang, Kamis (23/1/2014).

Selain itu, katanya, masih banyak ditemukan sistem setor ke oknum pemerintah, oknum konsultan pengawas yang masih “bermain”, jembatan timbang yang tidak berfungsi maksimal karena membiarkan kendaraan bermuatan lebih tetap bisa lewat, korupsi, serta pengerasan jalan yang belum matang tetapi sudah dilewati kendaraan.

“Jika seluruh permasalahan jalan rusak tidak diatasi maka Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mencanangkan tahun 2014 sebagai tahun infrastruktur akan sia-sia karena setahun setelah dibangun, jalan rusak,” katanya.

Gubernur Jateng, kata Djoko, harus berani tegas menyelesaikan seluruh akar permasalahan jalan rusak tersebut.

Djoko mencontohkan jalan yang rusak di Semarang di antaranya jalan dari arah Ngaliyan ke Boja yang belum lama dibangun, akan tetapi sudah banyak jalan berlubang karena tidak ada drainase sehingga air tergenang.

“Sudah kualitas buruk, jalan tergenang, ditambah mendapat beban berat, ya tinggal menunggu kerusakannya. Akibatnya banyak masyarakat yang jadi korban, kecelakaan berulang kali terjadi karena jalan berlubang,” katanya.

Dia menyebutkan kecelakaan sepeda motor sering terjadi di depan Pengadilan Negeri Semarang karena ada jalan yang berlubang.

Menurut dia, Pemprov Jateng harus meniru pembangunan jalan tol Jagorawi (Jakarta Bogor Ciawi), yang merupakan jalan tol pertama yang dibangun pada 1973 dan dioperasikan oleh Jasa Marga pada 1978 karena kualitas jalannya yang terbukti bagus. (machda)

 

loading...