Angkasa Pura 2

25 Meter Jalan Ringroad Manado Longsor

KoridorSabtu, 25 Januari 2014
amblas-25-meter-jalan-ringroad-manado-rawan-kecelakaan

MANADO (beritatrans.com) – Longsoran jalan di kawasan Ringroad Manado amblas sedalam 25 meter. Warga diminta berhati-hati melewati jalur tersebut.

Satu unit alat berat milik BPJN XI Manado diturunkan untuk membuat jalan alternatif di sisi jalan yang longsor. Sistem buka tutup diterapkan untuk mencegah kemacetan.

“Hujan deras yang terjadi semalam menyebabkan longsoran tambah besar. Nah ini jika dibiarkan akan tambah parah,” ujar Kepala BPJN XI, Ir FEJ Wenur.

Menurut Wenur, jika tidak langsung diperbaiki akan menyebabkan kemacetan parah di Kota Manado. Pasalnya ribuan kendaraan dari arah Minahasa Utara ke Kota Tomohon yang melewati jalur ini akan masuk melalui jalanan kota. Begitupun sebaliknya.

Kondisi tanah di sekitar lokasi masih labil akibat intensitas hujan yang turun masih cukup tinggi. Kemungkinan longsor susulan masih bisa terjadi apalagi kendaraan-kendaraan berat sering melalui jalur tersebut.

“Kendaraan yang lewat kan menimbulkan getaran-getaran sehingga bisa berdampak longsor susulan,” ujar Wenur menjelaskan kondisi jalan saat ini.(gis)