Angkasa Pura 2

Jelang Imlek, Tiket Pesawat Jakarta – Medan Capai Rp1,4 Juta

KokpitRabu, 29 Januari 2014
pesawat di bandara

MEDAN (beritatrans.com) – Jelang perayaan tahun baru China atau Imlek tinggal beberapa hari lagi. Seiring dengan hal itu harga tiket baik bus maupun pesawat pun mulai melonjak dari harga biasanya. Di Medan misalnya, harga tiket pesawat terbang di agen-agen penjualan tiket pesawat sudah menaikkan harga rata-rata 30 persen.

“Kenaikan tiket tersebut sudah terjadi sejak seminggu yang lalu, karena tingginya permintaan jelang Imlek. Harga tiket sudah naik sejak seminggu yang lalu,” kata Firdaus, pemilik Three DV Tour Travel di  Medan, Selasa (28/1/2014).

Maklum,  Medan itu salah satu kota yang banyak etnis Tionghoa-nya, makanya jelang Imlek permintaan tiket pesawat akan mengalami kenaikan.

Saat ini, untuk rute Jakarta-Medan harga tiket pesawat pada maskapai-maskapai seperti Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink dan beberapa maskapai lainnya bisa mencapai Rp900 ribu hingga Rp1,4 juta. Harga ini naik dibandingkan tarif biasanya yang hanya berkisar pada harga Rp500 ribu.

Menurut dia, tiket yang mahal untuk rute Jakarta-Medan, Bali- Medan Batam-Medan dan rute lainnya yang menuju Medan. Sementara dari Medan ke luar, harga masih relatif normal, sekitar Rp600 ribu sekali jalan.

Firdaus menambahkan, selain rute menuju Medan, rute menuju Surabaya juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Rata-rata kenaikan di rute ini juga naik hingga 30 sampai 40 persen.

“Saat perayaan Cheng Beng biasanya tiket lebih mahal. Kalau Imlek mereka lebih banyak merayakan di dalam kota,” ungkapnya.

Selain rute Medan-Jakarta ataupun Jakarta-Surabaya, rute-rute menuju Singapura juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

“Kalau rute luar negeri, Singapura dan Penang mengalami kenaikan. Harga bisa mencapai Rp700 ribuan dan bahkan jutaan. Padahal kalau tarif normal, harga ke dua rute ini hanya Rp400 ribu sampai Rp500 ribuan,” katanya.

Sementara itu, Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait mengatakan, jelang Imlek permintaan tiket Lion Air masih normal seperti hari biasa. Harga yang ditawarkan juga masih normal, belum ada kenaikan.(machda)

 

loading...