Angkasa Pura 2

Bombardier Buat Kereta Cepat untuk Australia

EmplasemenKamis, 30 Januari 2014
ka bombardier

FRANKFURT (beritatrans.com) — Perusahaan multinasional asal Kanada, Bombardier, bersama konsorsiumnya mendapat kontrak sekitar 3 miliar euro (Rp50 triliun) untuk pengadaan dan perawatan kereta di Queensland, Australia.

“Pemerintah Queensland hari ini mengumumkan pemesanan 75 rangkaian kereta enam gerbong baru, jasa perawatan kereta selama 30 tahun, juga membangun fasilitas perawatan kereta yang akan digunakan selama 32 tahun ke depan melalui skema public-private partnership,” demikian penjelasan Bombardier, Kamis (30/1).

Anggota konsorsium tersebut antara lain Bombardier Transportation, John Laing, ITOCHU Corporation dan Uberior. Total kontrak yang dipegang konsorsium setara dengan 4,4 miliar dolar Australia.

Bombardier sendiri mendapat bagian dari kontrak itu senilai 2,9 miliar dolar Australia. Kereta-kereta ini akan dibangun di India sebelum dibawa ke negeri kangguru tersebut. Rangkaian kereta ini akan melayani jaringan komuter di bagian tenggara Queensland.

Bombardier merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Montreal. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1942 di Valcourt, Quebec. Menghasilkan berbagai macam alat transportasi seperti pesawat, kereta api, dan trem. (yfent)

loading...