Angkasa Pura 2

Kapal Pengangkut Rokok Tenggelam di Tanjung Cantik

DermagaJumat, 31 Januari 2014

NUNUKAN (beritatrans.com) – Badan SAR Nasional Kabupaten Nunukan menyebutkan, KM Wahyu rute Tarakan – Nunukan tenggelam Kamis (30/1/2014) sekitar pukul 02.30 di Perairan Tanjung Cantik, sebelah barat Pulau Nunukan. Kapal itu berangkat pukul 17.00 dari Kota Tarakan.

Kapal dengan juragan Abdul Muhaimin, dengan anak buah kapal Wahyudi dan Haji Sani serta pengantar barang Supriadi, mengangkut rokok Persons On Board (POB). Tak berapa lama setelah tenggelam, kapal berikut penumpangnya ditemukan selamat oleh nelayan setempat.

Kanit Reskrim Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Tunon Taka Ipda Nanang, mengatakan, saat mendapatkan kabar kecelakaan laut dimaksud, pihaknya langsung mengerahkan anggota untuk ikut melakukan pencarian.

“Kemudian didapatkan nahkoda, dibawa ke polsek dan buat laporan,” ujarnya.
Saat dilakukan pemeriksaan, Abdul Muhaimin menjelaskan, kapal tenggelam sekitar pukul 02.30. Saat itu, kapal mengangkut 230 dus rokok berbagai macam rokok.
“Mereka juga tidak tahu rokok apa saja. Karena ini semacam ekspedisi,” ujarnya.

Ia mengatakan, kapal tenggelam karena saat itu pompa air tidak hidup, sehingga air yang masuk ke dalam kapal tidak terbuang.
“Mesin airnya tidak berjalan. Pada saat kapal berjalan, tahu tahu airnya sudah didalam. Tenggelam seluruhnya kapalnya ini,” ujarnya.
Setelah selamat, seluruh awak kapal dibawa ke Polsek KSKP Tunon Taka Nunukan.

“Selanjutnya kita limpahkan, karena ini masalah izin pelayaran ke KPLP, ke Syahbandar. Kita penanganan awal, mencari keterangan. Untuk penyidikan selanjutnya ke KPLP,” ujarnya.(gis)