Angkasa Pura 2

Kereta Api Jurusan Cianjur-Sukabumi Beroperasi Pekan Depan

EmplasemenSenin, 3 Februari 2014
dahlan iskan di damri

CIANJUR (beritatrans.com) – Setelah mandeg beberapa tahun, akhirnya warga Kabupaten Cianjur dan Sukabumi dalam waktu dekat menikmati kerera api yang bisa mengantarkan mereka ke tujuan, yang dilintasi KA jurusan Cianjur-Sukabumi atau sebaliknya dan KA jurusan Sukabumi-Bogor.

Kepastian beroperasinya KA jurusan Cianjur-Sukabumi tersebut setelah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan berkunjung ke Stasiun Cianjur, Sabtu (1/2/2014).

Tak lama lagi warga Kabupaten Cianjur bisa menggunakan kereta api jurusan Cianjur-Sukabumi sebagai transportasi pilihan. Kereta api jurusan itu akan beroperasi pada 8 Februari setelah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, mengunjungi Stasiun Cianjur, Sabtu (1/2/2014).

“Kereta api merupakan transportasi idola bagi warga Indonesia termasuk di Kabupaten Cianjur. Apalagi kereta api jurusan Cianjur-Sukabumi sempat berhenti selama beberapa tahun. Selain itu, penggunaan kereta api merupakan solusi untuk mengurangi kemacetan,” jelas Dahlan.

Menurut dia, saat ini jalan raya sudah sangat padat. Lihat saja jika kalau mau ke Bogor melewati Puncak saat akhir pekan atau liburan. Dengan adanya kereta Cianjur-Sukabumi dan Sukabumi-Bogor, maka akan jadi alternatif angkutan orang dan barang.

Dahlan yakin, keberadaan kereta api jurusan Cianjur-Sukabumi akan mengalami peningkatan seiring dengan volume kendaraan yang terus meningkat. Kondisi itu seperti yang terlihati di Tol Cipularang. Pertama kali beroperasi, kereta api jurusan Bandung-Jakarta lambat laun ditinggalkan masyarakat. Namun kali ini kereta jurusan Bandung- Jakarta selalu penuh.

Ia menambahkan, kondisi serupa dapat dirasakan kepadatan kendaraan di jalur Puncak, maka lambat laun adanya kereta api bisa mengurai tingkat kemacetan. Rencananya, kami juga akan kembali membuka kereta api jalur Cianjur-Bandung.

“Persiapan yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia untuk mengaktifkan kembali jurusan Cianjur-Sukabumi maksimal. PT KAI telah melakukan sejumlah perbaikan, mulai dari rel dan moderenisasi peralatan di stasiun hingga ruang tunggu penumpang,” kata mantan Dirut PLN itu.

Meski begitu Dahlan mengakui, dari sisi kecepatan memang belum bisa maksimal lantaran rel sudah lama tak difungsikan. Akan tetapi kedepan kecepatan kereta api bisa bertambah dengan memperbaiki pondasi rel.(machda)