Angkasa Pura 2

Menhub Pastikan Besok, Bandara Adisoemarmo dan Adisutjipto Dibuka Kembali

BandaraMonday, 17 February 2014

JAKARTA (beritatrans.com) — Menteri Perhubungan RI EE Mangindaan memastikan Bandara Adi Sumarmo-Solo dan Bandara Adi Sutjipto-Yogyakarta akan dibuka kembali Selasa (18/2/2014). Rencananya, kedua bandara tersebut akan dibuka kembali mulai pukul 07.00 WIB.

“Hari ini kita putuskan untuk Jogja dan Solo dibuka (besok),” kata Mangindaan sebelum mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di  gedung DPR Jakarta, Senin (17/2/2014).

Menhub berharap, besok tidak ada erupsi susulan sehingga rencana tersebut tidak berubah.  Pembukaan bandara akan dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan lanjutan kondisi bandara dan kesiapan pesawat yang melayani berbagai rute penerbangan.

Menurut Mangindaan pihaknya sudah memberikan maklumat kepada maskapai untuk periksa semua perlengkapan, bahkan mesin — sebelum penerbangan diperiksa dulu perlengkapan serta teknikal penerbangan. Terutama (Bandara) Solo dan Jogja karena cukup berat sampai ditutup itu pesawatnya.

“Sebab, kemungkinan abu masuk hari ini harus dibersikan dulu. Namun penerbangan tampaknya sudah melakukan upaya itu bersih-bersih dan mengecek kesiapan pesawat sebelum terbang,” paparnya.(machda)