Angkasa Pura 2

Jalur Ganda Kereta Pantai Selatan Jawa Selesai 2016

EmplasemenKamis, 27 Februari 2014
kereta turangga

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemerintah menargetkan jalur ganda rel kereta api pantai selatan Jawa — mulai  Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun hingga Surabaya selesai pada 2016-2017. Sementara jalur ganda pantai selatan dari Cirebon menuju Puwokerto dan sebaliknya diharapkan dapat selesai pada tahun ini.

“Untuk jalur ganda pantai utara Jawa ditargetkan sudah dapat digunakan pada Maret 2014,” ujar Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono dalam jumpa pers di kantor Kementerian Keuangan di Jakarta, Rabu (26/2/2014).

Bambang mengungkapkan pada Maret 2014 perubahan rel jalur tunggal menjadi ganda akan mulai diberlakukan secara parsial, seperti dari Desa Ujung Negara menuju Weleri, Wadu menuju Sulur lalu ke Tobo, serta dari Bojonegoro menuju Surabaya.

“Maret ini sedikit demi sedikit akan ada ruas-ruas yang mulai diberlakukan perubahan dari single track menjadi double track. Sekarang sedang diuji coba, ada uji teknis, audit keselamatan agar semua terjamin keselamatannya,” kata Bambang.

Mengenai jadwal perubahan dari jalur tunggal menjadi jalur ganda, pihaknya masih melihat ruas-ruas jalur dari stasiun yang cukup strategis untuk dilakukan pergantian. Terkait dengan perubahan tersebut, akan terjadi pembatasan kecepatan bagi kereta api yang sedang beroperasi, sehingga akan berdampak pada jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api.

“Oleh sebab itu saya mohon maaf bila ada sedikit keterlambatan di lapangan. Tapi, ini semua kan untuk hal yang lebih baik lagi,” katanya.(gis)