Angkasa Pura 2

2 Penumpang Malaysia Airlines Gunakan Paspor Curian

KokpitMinggu, 9 Maret 2014
images(4)

NEW YORK (beritatrans.com) – Walaupun sudah lebih dari 24 jam pemerintah Malaysia dan maskapai Malaysia Airlines belum mengumumkan daftar nama penumpang, namun Amerika Serikat telah menyatakan ada dua penumpang menggunakan paspor curian.

Seorang staf senior di pemerintah AS mengungkapkan kepada NBC News, karena ada dua penumpang di pesawat Malaysia Airlins, yang hilang itu, maka sempat ditelusuri kemungkinan adanya motif terorisme dalam peristiwa tersebut.

Kedua paspor itu dilaporkan hilang di Thailand. Paspor seorang pelancong Italia hilang saat traveling di negara tersebut. Namun setelah dicek, keluarganya menyatakan pria itu masih berada di Thailand dan tidak ikut pesawat nahas tersebut.

Begitu juga Kementerian Luar Negeri Austria menyatakan polisi telah berkomunikasi dengan seorang warganegara yang paspornya hilang saat plesir di Thailand.

Penggunaan dua paspor curian sebagai pintu masuk untuk menjalankan aksi teror di pesawat Malaysia Airlines akhirnya terpatahkan oleh fakta bahwa pesawat tidak mengirimkan sinyal darurat sebelum hilang.

Karenanya, Amerika Serikat beralih kepada kemungkinan mafia atau pelaku kriminal yang menggunakan dua paspor tersebut. Kemungkinan mereka merupakan mafia narkoba. Sedangkan soal musibah pesawat, AS melihat kemungkinan faktor lain berkaitan dengan bencana.

Menanggapi informasi tersebut, The Starits Times menulis PM Malaysia Najib Razak menegaskan berbagai kemungkinan diteliti dalam musibah hilangnya pesawat Malaysia Airlines. (aw)