Angkasa Pura 2

Terminal Curah Cair Dibangun di Pelabuhan Kuala Tanjung Mulai Juni 2014

DermagaKamis, 13 Maret 2014
images(9)

MEDAN (beritatrans.com) – Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, Syahputera Sembiring, mengemukakan pembangunan terminal curah cair merupakan pengembangan tahap pertama Pelabuhan Kuala Tanjung, Kebupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Saat menerima kunjungan anggota dan pimpinan Komisi A DPRD Batu Bara, Rabu (12/3/2014), Syahputera mengemukakan pembangunan terminal curah cair, karena hinterland sudah tersedia dan customer sudah ada yaitu pengalihan dari Pelabuhan Belawan. “Selanjutnya pembangunan Terminal Kontainer,” tuturnya.

Untuk pengembangan tersebut, dia mengutarakan saat ini sedang dilakukan persiapan-persiapan khususnya yang terkait dengan perizinan, termasuk Amdal (Analisis Dampak Lingkungan-red). “Kami akan memulai pembangunan pelabuhan pada bulan Juni ini, tentunya setelah izin turun,” ujarnya.

 Syahputera menjelaskan bahwa Pelabuhan Kuala Tanjung mempunyai potensi sangat besar. Seebelum ada Kawasan Industri Sei Mangkei yang sekarang menjadi Kawasan Ekonomi Khususpun, Pelabuhan Kuala Tanjung telah masuk dalam Sistranas (Sistem Transportasi Nasional –red) sebagai international hub port wilayah bagian Barat Indonesia.

Syahputera menjelaskan Pelabuhan Kuala Tanjung merupakan pengembangan dari Pelabuhan Belawan. “Pelabuhan Belawan sudah cukup padat dan pengembangan ke darat sudah tidak memungkinkan, sedangkan pengembangan ke arah laut akan memakan biaya cukup besar,” ungkapnya.

Selain itu, dia menjelaskan pengerukan alur di Pelabuhan Belawan juga cukup mahal. “Karenanya, Pelabuhan Kuala Tanjung adalah alternatif terbaik pengembangan Pelabuhan Belawan,” cetusnya.

PELUANG BISNIS
Menindaklanjuti penjelasan tersebut, salah satu anggota DPRD meminta penjelasan terkait peran dari Pemerintah Daerah Batu Bara dan peluang bisnis yang bisa dikerjasamakan.

Menjawab hal tersebut, Syahputera menegaskan bahwa pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung adalah harapan dan tujuan bersama yang dapat diwujudkan dengan kerjasama banyak pihak.

“DDukungan dan kerjasama dari Pemerintah Batu Bara sangat penting untuk kelancaran proyek ini. Kemitraan Pemerintah dan swasta adalah pioneer pembangunan,” tegas Syahputera.

Syahputera menambahkan bahwa dengan adanya kerjasama yang baik antara Pelindo I dan Pemerintah, akan mengundang masuk investor. “Investor akan berinvestasi bila ada jaminan keselamatan dan keamanan,” kata Syahputera.(aisha/aw).