Angkasa Pura 2

Garuda Indonesia Layani Penerbangan Langsung Jakarta-Palu

KokpitSelasa, 18 Maret 2014
GARUDA BOEING

JAKARTA (beritatrans.com) – PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. pada  Minggu (16/3/2014) meresmikan pembukaan penerbangan langsung Jakarta – Palu pp. Peresmian penerbangan langsung tersebut, Garuda kini melayani penerbangan ke Palu sebanyak dua kali per hari – dimana satu penerbangan lainnya dilayani melalui Makassar.

Peresmian penerbangan langsung Jakarta – Palu pp tersebut dilaksanakan secara simbolis oleh Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, Erik Meijer bersama-sama dengan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Sudarto di Gate F7 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Garuda Indonesia melayani penerbangan langsung Jakarta – Palu setiap harinya dengan jadwal keberangkatan dari Jakarta (GA 622) pukul 18.10 WIB dan tiba di Palu pada pukul 21.55 WITA, kemudian kembali terbang dari Palu keesokan harinya (GA 623) pada pukul 07.20 WITA dan tiba di Jakarta pada pukul 08.50 WIB. Penerbangan langsung Jakarta – Palu tersebut dilayani dengan menggunakan pesawat jenis B737-800NG dengan kapasitas kursi sebanyak 156 penumpang dengan konfigurasi 12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi.

Sementara itu, penerbangan ke Palu melalui Makassar juga dilayani setiap harinya menggunakan pesawat B737-800NG dengan jadwal keberangkatan dari Jakarta (GA 642) pukul 07.15 WIB dan tiba di Makassar pada pukul 10.45 WITA, dan akan berangkat dari Makassar menuju Palu (GA 608) pukul 13.55 WITA dan tiba di Palu pada pukul 15.10 WITA – kemudian terbang kembali dari Palu menuju Makassar (GA 609) pukul 15.55 WITA dan tiba di Makassar pada pukul 17.10 WITA kemudian akan berangkat dari Makassar ke Jakarta (GA 613) pada pukul 19.50 WITA dan tiba di Jakarta pada pukul 21.10 WIB.

Direktur Pemasaran & Penjualan Garuda Indonesia, Erik Meijer mengatakan bahwa pembukaan penerbangan langsung Jakarta – Palu pp ini merupakan bagian dari program pengembangan jaringan Garuda Indonesia, khususnya di wilayah Timur Indonesia. Selain itu pembukaan penerbangan langsung ini juga dimaksudkan untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi para pengguna jasa Garuda Indonesia untuk melaksanakan penerbangan.

“Dengan SLF hampir mencapai 80%, Palu merupakan pasar yang potensial bagi Garuda Indonesia. Pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah yang terus meningkat dalam beberapa tahun ini, menjadikan Palu sebagai wilayah yang memiliki peluang investasi bagi para pebisnis. Kami berharap dengan hadirnya Garuda melayani rute ini dapat membantu usaha-usaha pemerintah daerah untuk terus mengembangkan daerah ini,” tambah Erik Meijer.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Sudarto menyambut baik penerbangan langsung ini mengingat bahwa saat ini Palu sedang berkembang sebagai kawasan industri dan dengan adanya penerbangan Garuda ini akan mendukung pengembangan sektor bisnis dan industri pariwisata Palu. “Dengan dibukanya rute ini, maka akan semakin memudahkan pengguna jasa di Palu untuk melaksanakan perjalanan bisnis maupun wisata baik ke Jakarta maupun sebaliknya,” ujar Sudarto.

Selain itu, melalui hub Makassar ini, para penumpang dari Palu dapat melanjutkan penerbangannya menuju kota-kota di sekitarnya seperti Ambon, Lombok, Surabaya, Balikpapan, Menado, Kendari, Gorontalo, Sorong, Manokwari , Jayapura, Palu, Ternate dan Denpasar.

Pada tahun 2011 lalu- Garuda Indonesia telah meresmikan Makassar sebagai hub ketiga Garuda Indonesia, sejalan dengan upaya Garuda untuk terus mengembangkan dan memperkuat jaringan penerbangannya di pasar domestik khususnya di wilayah Timur Indonesia, serta sebagai upaya untuk turut serta mendukung program pemerintah Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) -

Sejalan dengan ekspansi yang terus dilaksanakan Garuda melalui program jangka panjang “Quantum Leap 2011-2015”, pada tahun 2014 ini, Garuda Indonesia rencananya akan mendatangkan sebanyak 27 pesawat baru terdiri dari 2 pesawat B777-300, 4 pesawat A330, 12 pesawat B738, 3 pesawat CRJ, dan 6 pesawat ATR 72-600.(gis)