Angkasa Pura 2

Presiden SBY Segera Resmikan 9 Bandara di Wilayah Indonesia Timur

BandaraSabtu, 29 Maret 2014
harry

DELISERDANG (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan berjanji akan membangun infrastruktur Indonesia Timur. Pembangunan ini masuk dalam program tahap ketiga dengan mengembangkan sembilan bandara kecil. Pengembangan sembilan bandara ini akan menelan biaya Rp1,8 triliun.

“Total anggaran kalau satu bandara Rp200 miliar, berarti kalau ada sembilan ya sekitar Rp1,8 triliun. Itu semua bandara UPT dan anggaran dari APBN,” kata Dirjen Perhubungan Udara Henry Bakti, kemarin.

Ia mengatakan, pemerintah telah menyelesaikan pengembangan bandara di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur dan Surabaya, Jawa Timur. “Pengembangannya sudah siap, tinggal mencari waktu Presiden (untuk meresmikan),” katanya.

Selain bandara-bandara besar itu, Kementerian Perhubungan juga telah menyelesaikan pembangunan sembilan bandara kecil di kawasan timur yang rencananya akan diresmikan pada bulan Juni atau sebelum perayaan Sail Raja Ampat.

Bandara-bandara kecil itu diantaranya Bandara Waghete di Kabupaten Deiyai, Papua, Bandara Kamanap di Kepulauan Yaphen, Bandara Bawean di Gresik, Jawa Timur, Bandara Ulaweng di Bone, Sulawesi Selatan, Bandara Waisai di Kabupaten Raja Ampat, dan Bandara Dumatubun Langgur di Tual, Maluku.

Pembangunan dan pengembangan sembilan bandara itu menggunakan anggaran sekitar Rp1,8 triliun. “Rencananya, peresmiannya akan dilaksanakan di Tual,” kata Harry.(mulya)

loading...