Angkasa Pura 2

Belawan Internasional Container Terminal Terancam Rugi Miliaran Rupiah Per Hari

DermagaSenin, 31 Maret 2014
Truk kontainer

JAKARTA (beritatrans.com) – Aksi mogok ribuan truk kontainer di Pelabuhan Belawan, Sumatra Utara, bakal menyebabkan Belawan Internasional Container Terminal (BICT) menderita kerugian miliaran rupiah per hari. Karena itu, pemogokan, yang akan digelar Selasa (1/4/2014), tersebut diharapkan dapat dibatalkan.

Manejer Operasional BICT , Suryono, mengemukakan pempgokan itu akan menyebabkan arus bongkar muat sebanyak 2000 peti kemas tiap hari di BICT akan menumpuk tak terangkat. “Kerugikan yang akan dialami ditaksir miliaran rupiah perharinya,” jelasnya, kemarin.

Selain menyebabkan kerugian di pihak BICT, dia mengemukakan pemogokan juga berdampak terhadap perekonomian di Sumatra Utara. Karena Pelabuhan Belawan merupakan pintu gerbang dari perekonomian Sumut.

Mengingat potensi kerugian besar itu, Suryono berharap aksi pemogokan dapat dihindari. Dia meyakini pasti ada solusi terbaik yang dapat diterima semua pihak, termasuk di dalamnya pengusaha truk kontainer.

Sebelumnya, beritatrans.com memberitakan aksi mogok, yang diultimatum oleh Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda), tersebut akan digelar di Pelabuhan Belawan Internasional Container Terminal (BICT). Ketua DPD Organda Sumatera Utara Haposan Siallagan menyatakan akan memogokkan 7000 unit kontainer di Belawan, serta 17 ribu truk angkutan barang yang beroperasi di Sumatera Utara. (http://beritatrans.com/2014/03/31/7-000-truk-akan-mogok-besok-pelabuhan-belawan-terancam-lumpuh/).
(aw).