Angkasa Pura 2

Bermasalah, 6,4 Juta Mobil Toyota Ditarik

OtomotifRabu, 9 April 2014
toyota girl1

JAKARTA (beritatrans.com) – Karena ada lima masalah berbeda, Toyota Motor Corp mengumumkan penarikan kembali atau recall sekitar 6,4 juta unit mobil secara global.

Melansir BBC, Rabu 9 April 2013, sekitar 3,5 juta mobil ditarik lantaran mengalami masalah pada kabel spiral yang melekat pada pengemudi sisi airbag.

Cacat ini dapat merusak, saat setir diputar dan mengakibatkan airbagtidak berfungsi ketika terjadi kecelakaan.

Masalah lain pada mobil Toyota adalah cacat rel kursi, kolom kemudi, wiper, dan kesalahan starter mesin yang menimbulkan risiko kebakaran.

Toyota mengaku bahwa belum mengetahui apakah ada kecelakaan yang menyebabkan cedera dan kematian akibat masalah tersebut. Namun, mereka telah menerima dua laporan kebakaran karena masalah pada mesin starter.

Sebelumnya, Toyota juga menarik lebih dari setengah kendaraan Prius yang telah dijual untuk memperbarui perangkat software.

Toyota juga dijatuhi denda US$1,2 miliar atau sekitar Rp13,7 triliun oleh Kejaksaan Agung di Amerika Serikat. Denda ini karena Toyota dianggap dengan sengaja menutup-nutupi isu keselamatan yang berujung pada sejumlah kecelakaan fatal. (sofie)