Angkasa Pura 2

Rusia & Tiongkok Bermintat Beli Merpati Nusantara Airlines

KokpitKamis, 10 April 2014
merpati(1)

JSAKARTA (beritatrans.com) – Dua perusahaan asal Rusia dan Tiongkok menyatakan berminat untuk membeli PT Merpati Nusantara Airlines.

Deputi Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Kementerian BUMN, Wahyu Hidayat, mengemukakan: ”Rusia, Tiongkok ketemu saya. Mereka kerjasama dengan Merpati silakan. Bawa pesawat, silakan. Mau beli silakan. Bentuk kerjasamanya apa terserah”.

Soal nama perusahaan asing itu yakni Sukhoi, Rusia dan produsen pesawat milik pemerintah Tiongkok, Xi’an Aircraft Industrial Corporation. Tidak ada target bagi dua perusahaan itu mengajukan secara resmi proposal.

Namun saat ditanya mengenai mana yang paling mungkin dipilih dari dua calon investor tersebut, Wahyu mengaku tidak tahu pasti. Dia pun menegaskan tidak ada target kapan keputusan dari keduanya bakal diterima oleh pemerintah Indonesia.

“Mereka berdua balik dulu kan. Xi’an kan BUMN-nya Tiongkok, dia balik ke negaranya lapor dulu ke Kementerian BUMN-nya,” ujar Wahyu Hidayat, Kamis (10/4/2014).

Walau masih menunggu calon investor, dia menegaskan pemerintah tetap menggelar restrukturisasi terhadap Merpati Nusantara Airlines. Hanya saja dalam skema itu tidak ada lagi upaya menyuntik dana segar dari pemerintah. (risma)