Angkasa Pura 2

Van Oord Raih Kontrak Pengerukan Alur Barat Pelabuhan Tanjung Perak

DermagaSenin, 14 April 2014
images(16)

SURABAYA (beritatrans.com) – Perusahaan pengerukan asal Belandan Van Oord, meraih kontrak pengerukan dan pekerjaan pemeliharaan kanal barat Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

Seperti dirilis vanoord.com, kemarin, kontrak senilai 50 juta euro itu didapat dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III. Proyek dikerjakan selama 10 bulan mulai Mei 2014. Setelah itu, Van Oord juga mengerjakan pemeliharaan alur selama dua tahun.

Pengerukan akan melebarkan kanal menjadi 150 meter dan mendalamkan hingga 13 meter. Sekitar 10 juta kubik lumpur akan dikeruk dan dibuang ke laut. Selain itu memindahkan dua bangkai kapal di alur tersebut.

Pekerjaan itu akan menyebabkan Van Oord mengerahkan kapal keruk dan hisap besar dan menengah. Van Oord memang bukanlah pemain baru di pelabuhan tersebut. Korporasi ini sudah menancapkan kukunya di pelabuhan itu sejak tahun 1911.

Kontrak pengerukan dan pemeliharaan alur itu merupakan kali kedua didapat Van Oord, setelah sebelumnya pada November 2013, perusahaan itu terlibat kontrak membangun kawasan industri terpadu di Pelabuhan Tanjung Perak.
 
TANJUNG PRIOK
Tak hanya di Surabaya, Van Oord kini juga sedang mengerjakan pembangunan terminal kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok. Selain itu, mengerjakan reklamasi pantai Jakarta, khususnya di Kapuk Naga Indah  (agus w).