Angkasa Pura 2

Concourse Plan Diterapkan untuk Pemeriksaan di Bandara Sultan Hasanuddin

BandaraJumat, 18 April 2014
bandara_hasanuddin-sahrul

MAROS (beritatrans.com) – Terminal Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, akan di-relayout. Perubahan itu dengan menerapkan sistem pemeriksaan dengan sistem Concourse Plan yaitu pemeriksaan keamanan penumpang, karyawan yang memiliki izin masuk (PAS bandara) dan barang bawaan dilakukan di pintu masuk ruang tunggu secara terpusat.

General Manager Bandara Sultan Hasanuddin, Rachman Syafrie, kemarin, mengemukakan Concourse Plan ini akan dilaksanakan setelah dilakukannya verifikasi dan sertifikasi oleh Direktorat Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan pada awal April 2014 sebagai syarat untuk jaminan keamanan penerbangan.

Proses pemeriksaan keamanan tersebut dilakukan di Lantai I terminal bandara. Sementara itu, pemeriksaan untuk penerbangan internasional masih harus dilakukan di lantai II. Hal ini mengacu kepada aturan internasional mengenai pemeriksaan barang pada kabin penumpang internasional yang menyangkut liquid, aerosol and gas items check.

Aviation security department Head bandara tersebut, Mulyadi Suparjo, menambahkan Concourse Plan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kenyamanan sehingga para penumpang tidak lagi memerlukan proses screening saat melakukan boarding masuk ke pesawat.

“Seluruh hal yang terkait dengan penerbangan harus mendapat pemeriksaan untuk mencegah terjadinya tindakan melawan hukum. Setiap penumpang pesawat udara, personil pesawat udara (crew), barang bawaan, kargo dan pos yang diangkut dengan pesawat dan karyawan yang memiliki PAS Bandara rang akan masuk ke daerah kemanan terbatas bandar udara wajib dilakukan pemeriksaan keamanan” imbuh Mulyadi. (korrie/aw).