Angkasa Pura 2

Ribuan Polisi Amankan Pelaksanaan Misa Jumat Agung

Aksi PolisiJumat, 18 April 2014
polisi

JAKARTA (beritatrans.com) — Hari ini, puluhan ribu umat kristiani memadati gereja-gereja di Jakarta, untuk menjalankan Misa Jumat Agung dan perayaan Paskah. Guna mengamankan situasi ribuan polisi dikerahkan di seluruh gereja di Jakarta.

Menurut Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Pol. Dwi Priyatno mengatakan pihaknya akan mengerahkan 10 ribu porsonelnya.”Pengamanan itu akan dilakukan dengan penempatan personel di sejumlah lokasi rumah ibadah yang ada di seluruh wilayah Ibukota,”jelasnya

Namun pengamanan tidak hanya di gereja akan tetapi juga di sekitar gereja, maka diadakan patroli keliling agar situasi aman dan terkendali.

“Sepertiga personel diturunkan. Intinya kita sudah melakukan rencana antisipasi pengamanan Paskah nanti,” ucap Kapolda Metro di Jakarta, Jumat (18/4/2014).

Selain itu Kabid Humas Polda Metro, Kombes Pol. Rikwanto menghimbau kepada masyarakat para jemaat yang melaksanakan ibadah Jumat Agung untuk tidak membawa barang berlebihan. Selain dapat mengundang kecurigaan petugas juga memancing aksi kejahatan.

“Diimbau agar tidak membawa barang berlebihan. Dan ada alat metal detektor agar mengidentifikasi barang bawaan orang yang akan masuk,” kata Rikwanto.

Sementara, Kapolsek Sawah Besar, Kompol Shinto Silitonga mengatakan, di Gereja Katedral sendiri dijaga 466 personel. Dan jumlah personel itu termasuk 10 anggota penjinak bom atau Jibom Polda Metro.

Untuk perayaan Misa sendiri, akan digelar sebanyak 4 kali, masing-masing pukul 08.00, 17.00, 19.00 dan 21.00 WIB dan sekitar 5.000 jemaat akan memenuhi Gereja Katedral.

“Diimbau untuk menghindari jalan sekitar Gereja Katedral pada pukul 16.00-21.00 WIB karena rawan akan kemacetan lalu lintas.” ujar Shinto.

Demikian halnya dengan gereja-gereja yang berlokasi di Bekasi diantaranya Gereja Bartolomeus Galaksi, ribuan umat kristiani memperingati Jalan Salib yang disebut dengan Paroki Santo Bartolomeus dan dibagi dalam 3 Misa.

Sedangkan untuk keamanan setempat melibatkan pihak kepolisian, pihak kecamatan dan lintas agama.(dona)

loading...