Angkasa Pura 2

Kapal Selam Bluefin-21 Belum Temukan Bangkai MH370

DermagaMonday, 21 April 2014

KUALA LUMPUR (beritatrans.com) — Sebuah kapal selam yang memindai dasar laut untuk mencari tanda dari pesawat Malaysia sudah melakukan dua pertiga pencarian tapi belum menemukan jejak pesawat, kata para pejabat terkait.

Kapal selam Bluefin-21 itu akan dikerahkan untuk melakukan misi pencarian kesembilan pada hari Senin (21/04/2014).

Malaysia Airlines penerbangan MH370 hilang pada bulan Maret ketika terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing dengan membawa 239 orang.

Pada hari Senin, satu lagi pesawat Malaysia Airlines yang terpaksa mendarat darurat setelah salah satu rodanya pecah ketika lepas landas.

Sebanyak 10 pesawat militer dan 11 kapal ikut dalam upaya pencarian hari Senin (21/04/2014), kata Pusat Koordinasi Lintas Lembaga Australia (JACC).

JACC mengatakan, kapal selam Bluefin mencari di area berbentuk lingkaran dalam radius 10 km dari lokasi sinyal bawah air yang terdeteksi awal bulan ini.

Bluefin-21 yang dioperasikan oleh Angkatan Laut AS dari kapal Australia Ocen Shield adalah kendaraan bawah laut tanpa awak yang bisa mengidentifikasi obyek dengan menciptakan peta sonar dasar laut. Kapal selam itu beroperasi di kedalaman lebih dari 4.000 meter.(machda/bbc)