Angkasa Pura 2

3 ABK dari Indonesia Diculik Bajak Laut di Selat Malaka

DermagaRabu, 23 April 2014
pirate

JAKARTA (beritatrans.com) – Tiga ABK berkewarganegaraan Indonesia diculik pembajak di Selat Malaka. Mereka merupakan kru kapal tanker berbendera Jepang. Selain menculik ABK, pembajak juga menjarah minyak solar dan memindahkan ke dua kapal.

Laman Malaysia The Star, Rabu (23/4/2014), memberitakan komandan polisi Port Klang, Norzaid Muhammad Said menyatakan pembajakan dan penculikan terjadi pada pukul 01.00.

Awak kapal baru menyadari terjadi aksi pembajakan ketika melihat sekitar lima atau enam pria bersenjatakan pistol dan golok menaiki kapal.

Para pembajak mengikat dan menyekap para kru kapal di sebuah ruangan terkunci. Beberpa jam setelah aksi pembajakan kru yang disekap berhasil membebaskan diri.

Setelah bebas kru kapal lainnya baru menyadari tiga ABK asal Indonesia menghilang. “Anggota kru kapal terdiri dari Indonesia, Thailand, Myanmar, dan India. Tetapi, ABK asal Indonesia tidak terlihat,” ujar Norzaid.

Polisi menduga para ABK hilang, diculik pembajak. Dilaporkan New Strait Times semua kru yang disekap dalam keadaan selamat.

Dalam aksi pembajakan itu tiga juta liter minyak diesel yang berada dalam kapal tanker dicuri menggunakan dua kapal.

PERNYATAAN KEMENLU
Sementara itu, Dirjen Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Tatang Budi Razak, mengaku baru tahu jika ada tiga anak buah kapal (ABK) asal Indonesia diculik.

“Saya baru denger, belum dapat informasi resmi, ini akan ditindak lanjuti dengan cepat,” ujarnya.

Dia menyatakan Kemenlu akan berkoordinasi dengan seluruh KBRI yang terkait, baik itu Jepang maupun Malaysia untuk menangani masalah tersebut.(korrie)

loading...