Angkasa Pura 2

Ratusan Buruh Pelabuhan Tanjung Priok Unjuk Rasa

DermagaKamis, 1 Mei 2014
buruhpriok

Beritatrans.com — Unjuk rasa tidak saja terjadi di jalan-jalan protokol Ibukota, tapi juga terjadi di pelabuhan. Seperti yang dilakukan ratusan buruh yang tergabung Serikat Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (SBTPI) akan melakukan aksi unjuk rasa memperingati Hari Buruh di Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ketua Umum SBTPI Ilhamsyah mengatakan, buruh akan melakukan aksi demonstrasi mulai pukul 09.00. Orasi akan dilakukan di Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok.

“Kita akan turun ke jalan menyampaikan aspirasi sama ribuan buruh. Rencananya, kita akan melakukan aksi di depan Pos 9 Pelabuhan, direncanakan 1.000 anggota terlibat,” kata Ilham, Rabu (30/4/2014).

Usai melakukan aksi di Pos 9, maka para buruh dari SBTPI akan bergabung dengan buruh lain yang terhimpun dalam Sekber Buruh. Di antaranya, Forum Buruh Lintas Pabrik (FBLP), Front Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI) Gabungan Solidaritas Perjuangan Buruh (GSPB) dan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI).

“Ada puluhan organisasi yang tergabung. Nanti kita akan menuju Jl Diponegoro dan terakhir aksi di Istana Negara,” katanya.

Kepala Sub Bagian Operasi (Kasubag Bin Ops) Polres Jakarta Utara Kompol Harto mengatakan, untuk pengamanan aksi buruh di Jakarta Utara, kepolisian menerjunkan 800 personel. Para polisi tersebut akan disebar ke berbagai titik kumpul buruh seperti di KBN Cakung dan Pos 9 Pelabuhan.

“Untuk pengamanan di Jakarta Utara, dari Polres kita menerjunkan sebanyak 500 personel. Sedang perbantuan dari Polda sebanyak 300 personel,” kata Harto. (dona)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari