Angkasa Pura 2

Suroyo: Terminal Jadi Check Point Kelaikan Jalan Angkutan Umum

KoridorKamis, 1 Mei 2014
berita trans edisi 8 hal 9(1)

JAKARTA (beritatrans.com) – Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso mengharapkan terminal dapat berfungsi sebagai check point untuk kelaikan jalan kendaraan umum dalam rangka meningkatkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Dalam kaitan fungsi itu, dia menegaskan perlu mendapatkan perhatian dalam penyelenggaraan terminal adalah manajemen rekayasa lalu lintas di terminal, manajemen penyelenggaraan angkutan, pengawasan dan pemeriksaan kendaraan umum, penyidikan pelanggaran serta pelaporan kinerja operasional di terminal.

Suroyo juga mengingatkan tentang permasalahan umum bahwa terminal belum beroperasi secara optimal dan kurang memperhatikan kualitas dari pelayanannya sehingga masyarakat kurang mendapatkan kepuasan.

Dalam rangka penyelenggaraan Angkutan Lebaran yang akan berlangsung pada Juli tahun ini, dirjen menyatakan diperlukan kesiapan terminal dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Kesiapan tersebut diperlukan untuk menjamin berfungsinya terminal secara optimal, mulai dari perencaanaan, penyelenggaraan, pengawasan sampai dengan pelaporan kegiatan Angkutan Lebaran tersebut. Koordinasi antara instansi pusat dengan daerah sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan Angkutan Lebaran.

Dia juga mengingatkan bahwa pemerintah telah mencanangkan program Gerakan Nasional Bersih Negeriku (GNBN) yang merupakan gerakan bersama untuk menjadikan indonesia bersih, asri dan indah. Pemerintah juga telah menetapkan fokus GNBN diantaranya adalah prasarana transportasi (terminal).

Untuk itu terminal sebagai bagian dari fokus gerakan tersebut harus berbenah diri, mengoptimalkan potensi yang ada, untuk secara terus menerus menjadikan terminal yang fungsional, bersih, asri dan indah.

Komitmen bersama antara pemerintah pusat dan daerah dalam peningkatan pelayanan transportasi jalan mutlak diperlukan dalam mewujudkan tujuan tersebut. (leny/aw).

loading...