Angkasa Pura 2

Kelola Bandara Kertajati, Pemprov Jabar Bentuk Perusahaan Khusus

BandaraJumat, 2 Mei 2014
kertajati bandara

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membentuk PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dalam waktu dekat. Perusahaan ini diharapkan akan mengelola Bandara Kerjati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Dalam mengelola Bandara Kertajati, perusahaan tersebut nantinya akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pembentukan PT BIJB sendiri ditargetkan pada Mei ini.

“Kita akan segera membentuk PT BIJB menjadi pengelola, nanti akan dikerjasamakan dengan BUMN PT Angkasapura II,” kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Menurut dia, selain bekerjasama dengan BUMN, pihaknya juga berencana mengelola bandara tersebut dengan BUMD maupun swasta baik dari dalam maupun investor swasta luar negeri.

Calon investor pun sudah mulai ada, di antaranya salah satu perusahaan dari Asia. “Saat ini sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan dari Korea,” ujar Aher.

Aher mengatakan, proses pembangunan Bandara Kertajati terus digenjot hingga kini. Pemprov berencana membangun dua runway di lokasi. Dari dua runway itu, satu di antaranya sudah hampir rampung.

“Kita masih melakukan pembebasan lahan untuk runway. Luas lahan yang dibutuhkan 1.800 hektare, sementara baru 800 hektare yang sudah dibebaskan. Mudah-mudahan ke depan 100 hektare lagi bisa dibebaskan,” tandas Aher. (machda/santi)