Angkasa Pura 2

Tahun Ini AirAsia X Pangkas Harga Tiket untuk Semua Rute Penerbangan

KokpitSabtu, 3 Mei 2014
AirAsia_X_Airbus_A330-300

KUALA LUMPUR (beritatrans.com) — AirAsia X, divisi maskapai penerbangan jarak jauh dari AirAsia, akan menjalankan dua strategi untuk meraih kesuksesan. Selain elakukan ekspansi secara besar-besaran, tapi juga membuat hubungan baru di berbagai negara agar menjadi maskapai penerbangan yang dominan.

Langkah ini diperkirakan akan membantu maskapai untuk terus bertahan dalam jangka pendek akibat tekanan hasil yang rendah.

“Kami dengan sengaja dalam strategi kami melakukan ekspansi secara agresif, terutama pada tahun 2014. Ini adalah bisnis di mana pada dasarnya untuk berhasil, Anda harus benar-benar menjadi nomor satu di segmen Anda,” kata Chief Executive Officer AirAsia X, Azran Osman-Rani.

Menurut dia, jika Anda menjadi nomor tiga atau empat, ini akan berjalan sangat sulit. Itu sudah terbukti di berbagai kawasan, di Amerika dan Eropa, dan AirAsia terus bertahan di Asia Tenggara dengan ukuran yang dua kali lebih besar dibandingkan maskapai penerbangan murah lainnya.

Azran menyatakan, pemangkasan harga yang dilakukan oleh pesaing AirAsia X, Malaysia Airlines, pada sejumlah rute penerbangan jarak menengah dan jarak jauh berimbas pada hasil rendah yang diraih oleh AirAsia X.

Untuk menghadapi Malaysia Airlines, perusahaan kemudian membalasnya dengan memberikan diskon agar tingkat isian kursi tidak berkurang.

“Secara alami ada tekanan pada hasil dalam jangka pendek karena biasanya setiap kapasitas yang kami tambah memerlukan waktu 12 bulan untuk mencapai titik impas. Portofolio kami sekitar dua pertiga rute telah matang dan menguntungkan, sedangkan sepertiga bisnis masih baru,” ungkapnya.(machda/bbc)