Angkasa Pura 2

Bus Swedia Segera Banjiri Jakarta

KoridorJumat, 9 Mei 2014
bus-asal-swedia

JAKARTA (beritatrans.com)–Tidak lama lagi suasana Ibukota Jakarta akan diwarnai dengan kemunculan bus baru. Bus gandeng Scania Euro 6 itu rencananya akan menjadi bus andalan transportasi di Jakarta.

Guna memperkenal bus kepada masyarakat dan memastikan kenyamanannya saat digunakan, maka pada saat peluncuran di Bundaran Hotel Indonesia tadi pagi, Kamispanitia mempersilahkan awak media untuk mengenal lebih jauh, dengan cara naik ke dalam bus tersebut.

Sedangkan untuk perjalanan pertama, panitia demo Scania Euro 6 hanya membatasi untuk tamu VIP, di antaranya Direktur United Tractor Loudy I Ellias, Duta besar Swedia Ewa Polano dan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahja Purnama.

Jika dilihat sekilas bus ini sama saja dengan bus Transjakarta lainnya, hanya saja pada saat jalanan yang dilalui tidak rata, guncangan yang dirasakan tidak begitu berarti. Demikian juga mesinnya, pada saat bus berjalan suara mesin sangat halus dan tidak bising, sehingga menambah kenyaman penumpang.

“Kayak naik Land Cruiser,” jelas Ahok seusai merasakan kenyamanan naik bus buatan Swedia tersebut, seperti dikutip media online Jakarta, di Jakarta, Kamis (8/5).

Kenyamanan tersebut tentunya sudah pasti akan didapat para penumpang, mengingat harga bus tersebut per unit bus Rp5,8 M dengan kapasitas bisa menampung hingga lebih dari 140 orang. Selain itu bus tersebut dilengkapi dengan standar Electronic Brake System dengan tingkat pengereman maksimal dengan jumlah kejut rem diatur oleh komputer.

Kekuatan bus tersebut merupakan rekayasa United Tractor yang mengedepankan daya tahan tinggi dengan rangka alumunium antikorosi. Pihaknya menyadari sebagian besar bus Transjakarta tidak awet karena karatan. United menjamin bus ini mampu dioperasikan lebih dari 10 tahun.(dona)

loading...