Angkasa Pura 2

Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air Minta Rute Bekas Merpati

KokpitSenin, 12 Mei 2014
?????????????

JAKARTA (beritatrans.com) – Sejak dibekukan izin operasional Merpati Airlines pada awal Februari 2014 lalu, setidaknya ada dua maskapai penerbangan nasional yang meminta rute yang ditinggalkan anak perusahaan Garuda Indonesia itu.

Dua maskapai penerbangan tersebut Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air menyatakan berminat mengambil alih rute penerbangan yang ditinggalkan oleh Merpati Nusanatara Airlines.

“Rute yang diminta Garuda Indonesia itu Jakarta-Makassar-Timika-Jayapura dan sebaliknya. Rencananya rute ini akan efektif dilayani sebanyak satu kali sehari dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800 mulai 15 Mei 2014,” jelas Kepala Bidang Perhubungan Udara pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Mimika, John Rettob, di Mimika, Senin (12/5/2014).

Selain Garuda Indonesia, maskapai penerbangan lain yang berminat melayani penerbangan pada rute yang ditinggalkan Merpati adalah Sriwijaya Air. Maskapai penerbangan yang kini lebih banyak fokus melayani rute di Indonesia Timur ini mengincar rute Timika-Sorong-Manado yang akan dioperasikan tiga kali seminggu.

Menurut John Rettob, pihaknya menyambut baik keinginan kedua operator penerbangan tersebut. Bahkan otoritas Bandara Mozes Kilangin, Timika, sudah memberikan persetujuan slot terhadap kedua maskapai penerbangan terbesar.

Meskipun demikian, John mengatakan, Sriwijaya Air belum melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Mimika. Jika memang maskapai ini tidak melakukan koordinasi, tentu saja rute Timika-Sorong-Manado akan ditawarkan untuk maskapai penerbangan lain. (machda/santi)