Angkasa Pura 2

Penasaran Cari Tiket, Warga Padati Stasiun Kereta Api

EmplasemenJumat, 16 Mei 2014
antre tiket-kereta4

JAKARTA (beritatrans.com) – Kendati tiket kereta api tambahan sudah habis sejak untuk beberapa jurusan, Kamis (15/5/2014), tapi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin mudik dengan menggunakan kereta api tetap membanjiri Stasiun Gambir, Senen dan Jatinegara, Jumat (16/5/2014).

Mereka masih antusias mencari peruntungan untuk mendapatkan tiket tambahan kereta api mudik. Apalagi, pemerintah menjanjikan akan memberikan kereta api tambahan setelah pengumuman tiket kereta api reguler minggu lalu sudah terjual habis.

Warga yang mengantre tersebut sebelumnya sudah tahu pasti kalau pemesan lewat online sudah habis. Namun mereka masih penasaran kalau-kalau membeli langsung masih ada. Namun apa yang mereka alami, di setasiun-stasiun tersebut pun tiket kereta sudah habis terjual.

Salah satu warga yang ikut antre, Wagiman mengatakan, dirinya sudah berada di Stasiun Jatinegara sejak pukul 08.00 WIB untuk mencari peruntungan tiket kereta api Kertajaya jurusan Pasar Senen-Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur.

“Saya dari semalam sudah berusaha membeli lewat online, tapi selain lama, ternyata server atau situs PT KAI error terus. Jadi, penasaran langsung ke sini barang kali bisa dilayani atau masih ada. Eh ternyata habis juga,” ujar Wagiman.

Wakil Kepala Stasiun Jatinegara, Sutayat, mengatakan, suasana warga yang mencari tiket mudik Lebaran memang sudah ramai sejak Kamis kemarin. Hingga saat ini, antrean warga pemesan tiket mulai meningkat.

“Sebaiknya warga lebih dulu mengecek pembelian tiket tambahan kereta Lebaran via online. Karena, PT KAI telah menyediakan fasilitas layanan tiket via online. Setelah itu, kan tinggal tukar tiket saja. Data yang di web dengan di setiap stasiun sudah dipastikan sama,” ujar Sutayat.

Dia mengemukakan, menjelang lebaran tahun 2014 ini, PT KAI mengoperasikan 11 kereta tambahan untuk tujuan ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Menurut dia, dua daerah itu menjadi tujuan pemudik dari Jakarta.

“Untuk yang mau beli tiket ke sini (stasiun) sebaiknya dari pagi. Kalau siang nanti makin ramai, tiket pun pasti sudah banyak yang habis. Tapi, kami tetap usahakan setiap penumpang bisa mudik Lebaran nanti,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, baru dibuka 6 menit, tiket tambahan kereta mudik langsung ludes terjual. Tiket tambahan untuk pemesanan online itu dibuka Kamis (15/5/2014) pukul 00.00 WIB.

Disaksikan Direktur IT PT Kereta Api Indonesia, Kuncoro Wibowo dan jajaran direksinya, kereta api menyediakan tambahan tiket untuk pemberangkatan H-7 dan H+7 Lebaran tahun ini.

Kuncoro menjelaskan, untuk DAOP I Jakarta dan DAOP II Bandung, PT KAI menyediakan 32 kereta tambahan. Per harinya, tersedia 21.700 tempat duduk. Itu baru dibuka setelah tiket reguler habis.(machda/santi/tifa)