Angkasa Pura 2

Serba Gratis Motor dan Penumpangnya Naik Bus & Kapal Lebaran

KoridorSenin, 19 Mei 2014
berita trans edisi 11 3(1)_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan masih menyediakan angkutan gratis untuk pemudik Lebaran menggunakan sepeda motor. Serba gratis, baik pengangkutan motor, maupun orangnya.

Angkutan gratis itu, Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso mengemukakan sejauh ini sudah dimulai dengan menyediakan tiket gratis untuk pengangkutan motor menggunakan kereta api (KA), sedangkan orangnya bayar dengan tarif KA amat murah.

Setelah kuota pengangkutan gratis tajap I itu diselesaikan, dirjen menuturkan digelar pendaftaran untuk pengangkutan pengendara motor menggunakan bus, truk dan kapal. Baik motor dan penumpangnya dibebaskan dari biaya alias gratis.

“Nanti motor naiknya truk, sedangkan penumpangnya naik bus. Sedangkan untuk kapal, baik motor dan penumpangnya naik kapal,” jelas Suroyo kepada beritatrans.com, Senin (19/5/2014) sore.

Rute untuk pengangkutan berbasis jalan raya, dia mengungkapkan ke kota-kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sedangkan untuk kapal, yang di antaranya diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, rutenya hingga Lamongan.

Skema pengangkutan motor dan penumpangnya menggunakan kereta, bus, truk dan kapal itu, dirjen mengemukakan diharapkan dapat menyerap sekitar 15.000 motor dan 30 ribu – 45 ribu orang.

Pengangkutan motor dan penumpangnya tersebut, dirjen mengutarakan akan mengurangi kepadatan arus mudik di jalan raya. “Kami juga sedang mempersiapkan untuk mengangkut motor dan penumpangnya saat arus balik,” jelasnya. (aw).

loading...