Angkasa Pura 2

Kemenhub Alokasikan Subsidi Rp38,7 Miliar untuk Angkutan Mudik Lebaran

KoridorKamis, 22 Mei 2014
berita trans edisi 5 hal 16_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemehub) mengalokasikan dana subsidi Rp38,702 miliar untuk angkutan mudik Lebaran tahun 2014. Dana bersumber dari APBN itu terbesar diserap untuk angkutan laut.

Angkutan Laut, Koordinator Mudik Lebaran Kementerian Perhubungan Suroyo Alimoeso mengemukakan mendapat alokasi Rp24,752 miliar. “Dana ini antara lain untuk menyediakan kapal untuk mudik Lebaran,” jelasnya.

Skenario yang dipersiapkan antara lain mengerahkan kapal bantuan dari Pelni dan TNI AL. “Kapal-kapal itu untuk mudik Lebaran dikonsentrasikan di Pelabuhan Tanjung Priok,” ungkapnya kepada beritatrans.com, Kamis (22/5/2014).

Untuk angkutan kapal penyebrangan, Suroyo menjelaskan dialokasikan subsidi Rp5,05 miliar. Alokasinya antara lain menyediakan kapal khusus dengan rute Lamongan – Semarang – Cirebon – Tanjung Priok – Merak. Kapal feri ini untuk mengangkut pemudik dan kendaraannya.

Sedangkan transportasi berbasis jalan rel yakni kereta api, dia mengungkapkan mendapat alokasi Rp5,4 miliar. Subsidi antara lain digunakan untuk angkutan pemudik mengggunakan sepeda motor.

Sedangkan mudik Lebaran menggunakan jalan raya, terutama bus, mendapat alokasi Rp3,5 miliar. “Ini juga termasuk untuk mengangkut motor menggunakan truk, sedangkan pengendara dan keluarganya naik bus,” pungkas Dirjen Perhubungan Darat itu. (machda/aw)

loading...