Angkasa Pura 2

Suroyo: 2.371.378 Motor Akan Digunakan Mudik Lebaran Tahun 2014

KoridorKamis, 22 Mei 2014
berita trans edisi 10 hal 3(1)_edit_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan memperkirakan 2.271.378 motor digunakan untuk mudik Lebaran tahun 2014 ini. Penggunaan secara massif tersebut seperti tahun-tahun sebelumnya, berpotensi menimbulkan kecelakaan dan kemacetan arus mudik.

Sebagian motor tersebut, Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso mengutarakan terkonsentrasi memanfaatkan jalur pantura dari Merak, Banten, hingga Surabaya, Jawa Timur.

Dengan kondisi kualitas jalan, yang masih terus diperbaiki, dirjen mengutarakan maka dibutuhkan konsentrasi penuh mengendarai motor di tengah kepenatan pengendara melewati jarak tempuh yang begitu jauh.

“Bila tak konsentrasi penuh, bahkan ugal-ugalan, maka kecelakaan mengintai setiap saat. Ini yang harus diwaspadai,” ujar panglima angkutan Lebaran tersebut kepada beritatrans.com, Kamis (22/5/2014).

Karenanya, dia mengimbau kepada pengendara untuk disiplin dan tertib berlalulintas. “Antara lain persiapkan kendaraan dan kondisi badan dengan sebaik mungkin, jangan mengangkut penumpang atau barang berlebihan, serta jangan paksakan untuk terus melaju bila sudah lelah atau mengantuk,” cetusnya.

Bila mungkin, Suroyo menegaskan sebaiknya tidak mengendarai motor untuk mudik Lebaran. “Kalau bicara ongkos, memang biayanya lebih murah. Tetapi dengan kelelahan yang sangat besar dan potensi kecelakaan yang mengingirinya, maka sebenarnya biaya mudik pakai motor itu jauh lebih mahal,” tuturnya.

Karena itu, dirjen mengimbau agar pemudik Lebaran mendatang memanfaatkan pelayanan angkutan umum. “Bus-bus tersedia memadai, mau ke jurusan manapun ada. Kalaupun tidak ada ke kota dimaksud, maka bisa memanfaatkan bus jurusan ke kota terdekat,” ujarnya.

Selain itu, dia menyatakan calon pemudik menggunakan sepeda motor bisa memanfaatkan mudik gratis menggunakan bus dan kapal, yang disediakan Kementerian Perhubungan. “Nanti kita buka pendaftarannya,” cetusnya. (aw).

loading...