Angkasa Pura 2

Pertengan Juni Lebarkan Sayap Bisnis

Xpress Air Buka Penerbangan Pontianak-Johor Bahru

KokpitKamis, 22 Mei 2014
Xpress AIr

PONTIANAK (beritatrans.com) – Diam-diam maskapai penerbangan Xpress Air membuat terobosan baru. Kali ini Xpress Air segera membuka rute penerbangan baru dari Kota Pontianak menuju Johor Bahru, Malaysia dengan target penerbangan perdana 14 Juni mendatang.

“Rute tersebut akan menambah kota-kota yang dilayani maskapai itu dari dan ke Provinsi Kalbar. Saat ini, Xpress Air melayani penerbangan dari Kota Pontianak menuju Yogyakarta, Bandung dan Kuching (Sarawak, Malaysia). Rute tersebut dibuka mulai tahun 2013 dengan tingkat keterisian mencapai 80 persen,” kata Direktur Komersial PT Xpress Air, Siti Khodijah di Pontianak, Kamis (22/5/2014).

Menurut Siti, pembukaan rute ke Johor Bahru karena permintaan masyarakat dari Pontianak dan sebaliknya cukup tinggi. Banyak tertarik dengan tempat wisata di Johor Bahru, dan sebaliknya, banyak wisatawan dari Johor Bahru yang ingin mengunjungi Pontianak.

“Kalau rute tersebut terwujud, maka secara otomatis terhubung dengan rute-rute yang sudah ada seperti Yogyakarta dan Bandung,” tambah Siti Khodijah.

Jadwal rute Pontianak – Johor Bahru untuk sementara sebanyak tiga kali dalam satu minggu, yakni Senin, Rabu dan Sabtu.

Namun, lanjut dia, kalau permintaan terus meningkat, tidak menutup kemungkinan frekuensi penerbangan menjadi setiap hari.

Pihak Xpress Air menggunakan pesawat jenis Boeing 737-500 dan 737-300 dengan daya angkut 128 penumpang, delapan di antaranya kelas bisnis.

Waktu tempuh dari Pontianak ke Johor Bahru sekitar 1 jam 20 menit. Harga tiket dimulai dari Rp800 ribu untuk satu kali penerbangan. Pihak Xpress Air juga menyediakan tandu apabila ada penumpang yang hendak melakukan pengobatan di Johor Bahru.(machda/tifa)