Angkasa Pura 2

Antisipasi Jalur Ganda Kereta Api

Pemkab Bojonegoro Bangun Enam Jalan Layang

KoridorJumat, 23 Mei 2014
jalan layang

BOJONEGORO (beritatrans.com) — Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, kini berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Timur dan Kementerian Perhubungan terkait rencana pembangunan enam jalan layang antisipasi diberlakukannya jalur rel ganda kereta api (KA) Jakarta-Surabaya.

“Pemprov Jatim dan Kementerian Perhubungan mendukung pembangunan jalan layang, tetapi realisasinya masih menunggu kesiapan dana,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Bojonegoro Iskandar, Jumat (23/5/2014).

Yang jelas mengenai biaya pembangunan jalan layang, Iskandar menyebut, akan dilakukan secara patungan antara pemkab, Pemerintah Provinsi Jatim dan pemerintah pusat.

“Dua jalan layang dari APBD, sedangkan empat jalan layang dibiayai Pemerintah Provinsi Jatim dan pemerintah pusat, sebab lokasinya di jalan raya provinsi dan nasional,” katanya.

Ia mengaku belum tahu berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun enam jalan layang di daerahnya, karena masih dalam perencanaan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Sesuai hasil survei Dishub, jelasnya, lokasi jalan layang melintas rel KA yang akan dibangun yaitu dua lokasi di Kecamatan Baureno, dan masing-masing satu lokasi di Kecamatan Padangan, Kapas, Kalitidu, dan Dander.

Yang jelas, menurut dia, pemkab terus mengusahakan pembangunan enam jalan layang di daerahnya tersebut baik yang lokasinya di jalan daerah, provinsi dan nasional.

“Enam jalan layang itu berfungsi mengamankan jalur lalu lintas yang selama ini melalui perlintasan KA,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Hubungan Darat Dishub, Ahmad Zakky.

Selain jembatan layang, Pemkab Bojonegoro juga mengusulkan pembangunan 12 palang pintu perlintasan KA dan pembangunan peringatan dini tanda KA lewat di 10 lokasi.

Ia menambahkan beroperasinya jalur ganda rel kereta api Surabaya-Jakarta akan meningkatkan intensitas perjalanan KA yang biasanya hanya sekitar 40 kereta/hari menjadi 200 kereta/hari. (machda/tifa)

loading...