Angkasa Pura 2

17 Perusahaan Gelar Mudik Bareng & Gratis

KoridorSenin, 26 Mei 2014
edisi ke-12 berita trans -edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Sebanyak 17 perusahaan menyatakan akan menggelar mudik gratis. Puluhan ribu pemudik diperkirakan akan tumplek mengikuti gelaran pulang kampung bareng tersebut.

“Mekanisme pendaftaran dan waktu keberangkatan masing-masing perusahaan berbeda-beda. Yang pasti, rata-rata sekitar H-3 dan H-4 atau tiga hari dan empat hari jelang Idul Fitri,” ungkap Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso kepada beritatrans.com, Sabtu (24/5/2015).

Tak hanya menyediakan tiket gratis naik bus Lebaran, di antara perusahaan itu juga menyediakan tiket gratis naik kereta, kapal laut pesawat dan mobil mewah. “Bahkan ada di antaranya menyediakan pengakutan gratis motor dan penumpangnya. Jadi tidak hanya menyediakan bus, tetapi juga truk pengangkut motor,” jelasnya.

‘Panglima” angkutan Lebaran Kementerian Perhubungan itu menyatakan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada perusahaan yang menggelar mudik gratis. “Setiap tahun, mereka mengadakan acara yang amat mulia ini. Pemerintah amat terbantu dengan partisipasi mereka,” ujarnya.

Perusahaan yang akan menggelar mudik gratis tersebut yakni BRI dengan menyiadakan 125 bus yang dapat mengangkut 6.000 orang dengan tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur, jalur tengah dan selatan. Pemudik akan diberangkatkan dari Plaza Barat Gelora Bung Karno pada 24 Juli 2014. Jasa Raharja menyediakan tiket gratis untuk 27.000 orang dengan 29 kota tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Selain itu, Carrefour menyediakan tiket bus gratis untuk 5.000 pemudik tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang akan diberangkatkan dari Plaza Selatan Gelora Bung Karno, 23 Juli 2014. Carrefour juga menyediakan 1.435 tiket gratis naik pesawat dan 200 tiket gratis kereta tujuan Surabaya, Solo dan Yogya. Perusahaan itu menyiapkan pula 100 tiket gratis kapal laut tujuan Makassar dan menyediakan 46 unit mobil Alphard untuk mengangkut pemudik.

Indomaret antara lain menyediakan 150 bus tujuan Semarang, Solo dan Yogyakarta, satu rangkaian KA Bogowonto dari Stasiun Pasar Senen tujuan Yogyakarta, serta 200 tiket gratis pesawat terbang tujuan Semarang, Yogya dan Solo. Suroyo mengungkapkan perusahaan lainnya yang begitu semangat menggelar mudik gratis adalah Indosat, Pertamina, Bank BNI, Telkomsel, Sido Muncul, PT Wahana Makmur Sejati, Adira Finance, Astra Honda Motor, Giant Hypermart, Yamaha Motor. (leny/aw).