Angkasa Pura 2

Lulusan Poltek Pelayaran Surabaya Jadi Rebutan Operator Internasional

DermagaSenin, 26 Mei 2014
STIP2

SURABAYA (beritatrans.com) — Dalam persaingan global saat ini, pasar tenaga kerja sektor maritim banyak diperebutkan oleh negara–negara sedang berkembang termasuk Indonesia. Mereka berlomba untuk dapat mensuplai permintaan terhadap crew kapal yang memenuhi standar pendidikan dan sertifikasi yang disyaratkan konvensi internasional.

“Ini menjadi tantangan bagi lulusan Politeknik Pelayanan Surabaya. Sebagai insan perhubungan harus mampu secara cerdas merespon tuntutan kebutuhan transportasi yang berkembang dalam masyarakat serta bekerja secara tanggap, tangguh dan terampil dalam memberikan pelayanan yang prima,” tegas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Santoso Edi Wibowo, Kamis (23/5/2014).

Pada kesempatan itu, Edi mengharapkan, para lulusan Politeknik Pelayaran Surabaya bisa mewujudkan industri pelayaran nasional dan internasional yang aman, ramah lingkungan dan nyaman.

“Saat ini, Politeknik Pelayaran Surabaya sudah mengalami perubahan yang signifikan dalam upaya memenuhi beberapa tuntutan dilapangan, diantaranya tantangan kompetisi global untuk menyediakan pelaut yang berkualitas di pasar domestik maupun pasar internasional,” jelasnya.

Karena itu, tegas Edi, Politeknik Pelayaran Surabaya harus terus berupaya melakukan perbaikan secara berkesinambungan dan saat ini juga telah mendapatkan rekomendasi dari lloyds register.

Edi juga mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika Politeknik Pelayaran Surabaya, yang selama ini telah membuktikan peran dan kontribusinya dalam mendidik pelaut tingkat IV dan III, memberikan sumbangan pemikiran dan tenaga secara aktif dalam mengembangkan program diklat, kurikulum dan pembinaan personil.

Direktur Politeknik Pelayaran Surabaya, Capt. Marihot Simanjuntak, MM pada pelantikan XXX perwira transportasi laut lulusan program diklat pembentukan ANT/ATT-IV dan ANT/ATT-III Politeknik Pelayaran Surabaya tahun 2014 mengatakan, para calon perwira transportasi laut lulusan program ANT/ATT-IV dan ANT/ATT-III ada 98 orang, terdiri dari 58 orang perwira nautika tingkat IV, 30 orang perwira teknika tingkat IV dan 10 orang perwira teknika tingkat III.

Menurut dia, Pelayaran Surabaya telah meluluskan 2574 perwira transportasi laut, baik jurusan nautika maupun teknika. Mereka kini tersebar di berbagai perusahaan pelayaran nasional maupun asing, instansi pemerintah sipil maupun militer, dan pada badan usaha milik negara yang bergerak dalam industri pelayaran.

Politeknik Pelayaran Surabaya, kata Capt. Marihot Simanjuntak, terus melakukan pengembangan sarana diklat, yaitu penambahan ruang kelas, penambahan simulator gas dan simulator turbin uap, serta upgrading full bridge simulator sesuai dengan ketentuan stcw amandemen manila tahun 2010.

“Dalam pengembangan SDM, kami mengirimkan 10 orang untuk menempuh program doktoral (S3), 17 orang pada program magister (S2), dan diklat kompetensi ANT/ATTI sebanyak 2 orang,” paparnya. (machda/awe)

loading...